Rabu 19 Januari 2022, 17:34 WIB

Kota Cirebon Siaga Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19

Nurul Hidayah | Nusantara
Kota Cirebon Siaga Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19

DOK MI
RSUD Gunung Jati, Cirebon

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat memintah rumah sakit-rumah sakit bersiap menghadapi peningkatan kasus Covid-19. Pemkot juga mengencarkan upaya testing, tracing dan treatment.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, menjelaskan  Pemkot Cirebon terus berupaya mengantisipasi penyebaran Covid-19, khususnya varian omikron. "Kita sudah minta rumah sakit melakukan kesiapsiagaan," tutur Agus, Rabu (19/1).

Penanganan gelombang kedua Covid-19 beberapa waktu lalu menurut Agus menjadi pengalaman berharga. Agus yakin Pemkot Cirebon siap untuk menangani penyebaran Covid-19 gelombang ketiga yang diprediksi terjadi Februari mendatang.

Selain menyiapkan rumah sakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon juga diminta untuk menyiapkan kemungkinan terburuk. Salah satunya dengan menyiapkan isolasi mandiri terpusat (isoter) yang sebelumnya pernah dilakukan.

Khusus untuk kebijakan work from home (WFH) dan work from office (WFO), Agus menjelaskan dalam instruksi Menteri Dalam Negeri juga telah diatur mengenai sektor esensial dan non esensial. Khusus untuk aparatur sipil negara (ASN) menurut Agus dianggap esensial sehingga semua masih masuk 100 persen.

"Kota Cirebon juga sudah masuk penerapan PPKM level satu kembali. Namun evaluasi setiap minggu akan dilakukan sehingga kalau ada kenaikan akan dievaluasi," jelas Agus.

Di sisi lain, Direktur RSD Gunung Jati Cirebon, Katibi menjelaskan pihaknya telah menyiapkan seluruh sarana dan prasarana untuk mengantisipasi bertambahnya kasus Covid-19 khususnya varian omikron.  "Ada 216 tempat tidur yang kami siapkan. Sedangkan untuk dokter dan tenaga medis yang disiagakan sekitar 200 orang," ujarnya. (OL-15)

 

Baca Juga

DOK MI.

Banjir Terjang 11 Desa di Kabupaten Probolinggo

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:18 WIB
Di Desa Gending ada dua dusun yang terdampak banjir yakni Krajan sebanyak tercatat sebanyak 140 keluarga terdampak banjir genangan dan...
DOK MI.

Polda NTT Tetapkan Tersangka Baru Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:11 WIB
Randy kini sudah dalam penanganan Kejaksaan tinggi NTT setelah seluruh berkas perkara dugaan pembunuhan yang dilakukannya dinyatakan...
MI/Agus Utantoro

Elektrifikasi Jalur KA Solo Balapan-Palur Beroperasi Juli 2022

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:57 WIB
Menhub mengatakan, proyek elektrifikasi jalur KA Solo Balapan-Solo Jebres-Palur yang dimulai sejak 2020 ini merupakan bagian dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya