Selasa 18 Januari 2022, 20:23 WIB

Vaksinasi Covid-19 Anak 6-11 Tahun di Sumsel Capai 26,8 Persen

Dwi Apriani | Nusantara
Vaksinasi Covid-19 Anak 6-11 Tahun di Sumsel Capai 26,8 Persen

DOK MI
Kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Kota Palembang, Sumsel.

 

VAKSINASI Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah daerah. Selain untuk membentuk herd immunity anak, vaksinasi ini juga untuk menunjang pembelajaran tatap muka yang saat ini sudah diterapkan di wilayah Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan Lesty Nurainy mengatakan, saat ini progres vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun sudah cukup pesat. Baru dilakukan di awal Januari, saat ini cakupannya sudah 26,8 persen.

"Capaiannya sudah cukup tinggi, padahal belum lama ini baru mulai dilakukan. Ini berkat adanya kerjasama yang baik antara instansi dan pihak terkait, terutama pihak sekolah di 17 kabupaten dan kota di Sumsel," ucap Lesty, Selasa (18/1).

Ia mengatakan, di wilayah Sumsel ada sebanyak 899.622 anak sasaran vaksinasi usia 6-11 tahun. Saat ini sudah dilakukan suntikan vaksinasi dosis satu kepada 241.150 anak.

"Rata-rata dalam satu hari ada 4.000-5.000 anak yang disuntik vaksinasi. Karenanya capaiannya cukup meningkat. Bahkan secara total sekarang sudah mencapai 26,8 persen," jelas Lesty.

Lesty menuturkan untuk mempercepat capaian vaksinasi ini juga, pemerintah telah memberikan stok tambahan vaksin khusus untuk vaksinasi anak di Sumsel. "Kita mendapat 289.200 dosis vaksin untuk anak usia 6-11 tahun. Jenis vaksinnya yakni vaksin CoronaVac," ucap Lesty.

Untuk mendapatkan vaksinasi, para orang tua bisa membawa sang anak untuk melakukan vaksinasi di Puskesmas, rumah sakit, fasilitas pelayanan kesehatan lain, hingga pos-pos pelayanan vaksinasi dan sentra vaksinasi.

Namun, Lesty menyarankan lebih baik dilaksanakan di sekolah agar dapat diketahui anak yang sudah divaksin dan yang belum divaksin. "Saat ini masih ada yang tidak setuju anaknya divaksin. Ini butuh upaya bersama untuk menyosialisasikan ke para orangtua bahwa vaksin anak itu penting. Karena anak bisa juga terpapar Covid-19," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Gunungkidul Perketat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Ternak

👤Ardi Teristi 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:38 WIB
PENGAWASAN lalu lintas hewan ternak di Kabupaten Gunungkidul, DiY diperketat. Hal ini dilakukan untuka mencegah masuknya penyakit mulut dan...
dok.ist

Dinilai Layak, Relawan Kalsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:14 WIB
KEBERHASILAN Ganjar Pranowo membawa Jawa Tengah lebih baik membuat ratusan orang di Kalimantan Selatan mendukungnya untuk menjadi Presiden...
Dok. Pribadi

Methodius Kossay Luncurkan Yayasan Harapan Generasi Papua, Fokus Bangun Karakter Pemuda Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:11 WIB
"Fokus yayasan adalah membangun pribadi manusia terutama generasi Papua seutuhnya sebagai subjek perubahan melalui pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya