Rabu 12 Januari 2022, 20:05 WIB

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan NTT

Widhoroso | Nusantara
BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan NTT

ANTARA
Ilustrasi

 

STASIUN Meteorologi Maritim Tenau-Kupang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kapal penumpang dan kapal nelayan agar mewaspadai gelombang tinggi pada sekitar lima wilayah perairan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kelima wilayah perairan itu yakni perairan utara Pulau Flores, Laut Sawu bagian selatan, Selat Flores-Lamakera, Selat Alor-Pantar, dan perairan selatan Kupang-Rote.

"Gelombang berketinggian 2,5-4 meter berpotensi melanda beberapa wilayah perairan itu sehingga berisiko tinggi terhadap kapal nelayan maupun kapal feri," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang BMKG Syaeful Hadi, Rabu (12/1).

Ia menjelaskan, kondisi gelombang tinggi tersebut diperkirakan berlangsung selama 13-15 Januari 2022. Syaeful menyebutkan selain itu ancaman gelombang sangat tinggi berkisar 4-5 meter juga terjadi di wilayah selatan NTT yaitu Samudera Hindia di selatan Sumba-Sabu dan selatan Kupang-Rote. Gelombang laut di wilayah selatan ini berisiko tinggi terhadap kapal berukuran besar seperti kapal kargo, kapal pesiar.

Syaful mengimbau agar operator kapal angkutan penumpang atau barang serta kapal nelayan agar mewaspadai ancaman gelombang tinggi tersebut. "Gelombang maksimum bisa mencapai dua kali dari tinggi gelombang yang ada," katanya. (Ant/OL-15)

Baca Juga

dok.humas

Sobat Erick Sumatera Barat Bagikan Sembako Kepada Warga Solok

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:37 WIB
RELAWAN Sobat Erick Sumatera Barat membagikan sembako kepada para petani dan kelompok Program Keluarga Harapan (PKH) di Jorong Suliti,...
MI/WIDJAJADI

Muhadjir Effendy Kawal Kota Surakarta Menuju Bebas Kawasan Kumuh

👤Widjajadi 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:35 WIB
Fokus penanganan kawasan kumuh di Surakarta ialah  membangunkan rumah layak huni di kawasan Mojo dan Semanggi, di Kecamatan Pasar...
DOK/PEMPROV KALTENG

Gubernur Kalteng Minta Vaksinasi Dipercepat Melawan Virus Omikron

👤Surya Sriyanti 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:25 WIB
Pelaksanaan vaksinasi dipercepat untuk membentuk kekebalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya