Senin 03 Januari 2022, 13:45 WIB

Tembus 30 Ribu Dosis, BIN Daerah Bali Selesaikan Vaksin Tepat Waktu

Arnoldus Dhae | Nusantara
Tembus 30 Ribu Dosis, BIN Daerah Bali Selesaikan Vaksin Tepat Waktu

MI/Arnold
Kepala BIN Daerah Bali Brigjen Pol Hadi Purnomo memantau langsung proses vaksinasi di Bali, Senin (3/1/2022).

 

BADAN Intelijen Negara (BIN) Daerah Bali berhasil menyelesaikan 30 ribu dosis vaksinasi secara tepat waktu pada Senin (3/1/2022). Kuota terakhir sekaligus menutup penghabisan vaksinasi yang dipercayakan kepada BIN Daerah Bali yakni dengan melaksanakan pemberian vaksinasi anak usia 6-11 tahun dan masyarakat umum, Senin (3/1/2022) di Islamic School Harapan Mulia Denpasar. 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Daerah Bali Brigjen Pol. Hadi Purnomo, didampingi Ketua Yayasan Harapan Mulia Islamic School, Husaini Ismail.

Menurut Kepala BIN Daerah Bali Brigjen Pol Hadi Purnomo, sebanyak 30.000 dosis vaksin sudah diberikan kepada masyarakat Bali hingga Desember 2021. ''Kuota 30.000 dosis vaksin sudah terlaksana dengan baik dan 100% sudah kita laksanakan," kata Kabinda Bali. 

Jumlah vaksinasi ini tidak hanya untuk anak usia 6-11 tahun melainkan untuk masyarakat umum yang ada di sekitar lokasi vaksinasi yang selama ini digelar di seluruh kabupaten dan kota di Bali.

Memasuki Januari 2022 ini, Pemerintah Pusat memberikan tambahan 8.000 dosis vaksin untuk untuk BIN Daerah Bali yang harus disalurkan kepada masyarakat, lansia dan anak usia 6-11 tahun. Tambahan ini sudah digelar sejak hari ini. "Untuk vaksin hari ini kita siapkan 1.000 dosis", imbuhnya.

Pihaknya juga menambahkan, untuk vaksinasi lansia memang sangat kurang di Bali. Namun, sampai saat ini sekitar 70%-75% lansia sudah divaksinasi. "Lansia memang sangat kurang. Tapi saat ini sekitar 70%-75% sudah divaksinasi," paparnya.

Saat ditanya soal adanya wisatawan asal Surabaya yang terpapar varian Omicron pasca liburan di Bali sejak 20-25 Desember lalu, BIN Daerah Bali mengatakan belum bisa berkomentar banyak karena bukan ranahnya. "Untuk soal itu, saya hanya menghimbau masyarakat tetap disiplin terapkan Prokes. Bagi yang belum vaksin ayo segera vaksin," terangnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Harapan Mulia Islamic School, Husaini Ismail, menyampaikan seluruh siswanya dari tingkat SD hingga SMA sudah menerima vaksin. "Siswa kami Alhamdulillah sudah semuanya divaksinasi. Hari ini kami siapkan tempat untuk Binda Bali melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat dan lansia di sekitar sekolah," kata Husaini Ismail.

Sampai saat ini, BIN Daerah Bali terus gencar melakukan vaksinasi sesuai kuota dosis yang sudah ada. Hampir setiap hari melakukan vaksin di berbagai tempat di seluruh Bali. Dalam pelaksanaannya, BIN Daerah Bali menganggandeng beberapa tenaga kesehatan dari berbagai unsur seperti Dinas Kesehatan setempat, Nakes dari Polri, TNI AD, dan TNI AL. "Tiada hari tanpa vaksin dari BIN Daerah Bali. Tersebar secara masif dan sporadis di seluruh kabupaten dan kota di seluruh Bali. Kami ingin agar Bali cepat mendapatkan kekebalan komunitas, (herd imunity). Stok vaksin harus digunakan secepatnya, jangan sampai expired," ujarnya.

Ada pun kelompok yang disasar seperti anak-anak, lansia dan kelompok khusus seperti para nelayan yang ada di Pulau Serangan dan Karangasem. Disebut kelompok khusus karena mereka dilayani dengan door to door. Mereka kesulitan waktu untuk pergi ke lokasi vaksin seperti puskesmas, balai desa, atau sekolah karena pekerjaannya yang sering di laut. (OL/OL-10)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...
DOK MI

Polda NTT Tahan Istri Terdakwa Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Palce Amalo 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:34 WIB
POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan Irawaty Astana Dewi Ua atau Ira, istri Randy Bajideh, terdakwa kasus pembunuhan ibu dan anak. Ira...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya