Senin 03 Januari 2022, 08:21 WIB

Tiga Kabupaten di Aceh Banjir, Dua Anak Meninggal

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Tiga Kabupaten di Aceh Banjir, Dua Anak Meninggal

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBED
Banjir di Aceh Utara

 

SETELAH diguyur hujan lebat terus menerus, tiga kabupaten di kawasan pesisir Selat Malaka, Provinsi Aceh, terendam banjir. Akibatnya, satu anak di Kabupaten Aceh Utara dan seorang lagi di Aceh Timur meninggal dunia akibat tenggelam saat banjir.

Tiga wilayah yang terendam banjir itu meliputi Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, dan Kabupaten Aceh Tamiang. Karena rumah terendam, ribuan orang harus mengungsi dan aktivitas mereka terhenti

Di Kabupaten Aceh Utara misalnya, banjir akibat hujan lebat dan luapan arus sungai, telah merendam 11 kecamatan. Itu meliputi Kecamatan Matangkuli, Lhoksukon, Pirak Timu, Tanah Luas, Cot Girek dan Kecamatan Langkahan. Lalu Kecamatan Samudera, Geureudong Pase, Dewan Tara, Sawang, dan Kecamatan Banda Baro.

Baca juga: Dua Ribu Warga Mengungsi Akibat Banjir Meluas di Aceh Timur

Di Kecamatan Lhoksukon, Ibu kota Kabupaten Aceh Utara, banjir kiriman dari kawasan pengunungan Pante Bahagia, melalui Sungai Krueng Keureutoe telah mrnghentikan aktivitas ekonomi perdagangan setempat. Selain masuk ke toko tempat penjualan juga merendam badan jalan nasional Banda Aceh-Medan.

Adapun di Kecamatan Matangkuli, sekitar 50 warga Desa Lawang, Tanjung Haji Muda, Siren, Alue Thoe, Hagu, dan Meuris harus mengungsi ke balai desa atau ke atas badan jalan. 

Di Desa Meuria, seorang anak laki-,laki bernama T Muhammad Andika,12, meninggal tenggelam saat bermain bersama temannya di saluran irigasi lokasi banjir setempat.

"Dalam tiga bulan terakhir sekitar 8 kali banjir d isini. Kali ini banjir pertama pada awal Januari 2022," tutur M Husen, kepala Desa Tanjung Haji Muda, Kecamatan Matang Kuli, Aceh Utara. (OL-1)
 

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Gunungkidul Perketat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Ternak

👤Ardi Teristi 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:38 WIB
PENGAWASAN lalu lintas hewan ternak di Kabupaten Gunungkidul, DiY diperketat. Hal ini dilakukan untuka mencegah masuknya penyakit mulut dan...
dok.ist

Dinilai Layak, Relawan Kalsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:14 WIB
KEBERHASILAN Ganjar Pranowo membawa Jawa Tengah lebih baik membuat ratusan orang di Kalimantan Selatan mendukungnya untuk menjadi Presiden...
Dok. Pribadi

Methodius Kossay Luncurkan Yayasan Harapan Generasi Papua, Fokus Bangun Karakter Pemuda Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:11 WIB
"Fokus yayasan adalah membangun pribadi manusia terutama generasi Papua seutuhnya sebagai subjek perubahan melalui pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya