Rabu 29 Desember 2021, 14:00 WIB

Kolaborasi Universitas dengan Perusahaan Kembangkan Desa Wisata di Riau

Mediaindonesia.com | Nusantara
Kolaborasi Universitas dengan Perusahaan Kembangkan Desa Wisata di Riau

DOK Pribadi.
Penelitian itu berbasis masyarakat dari Universitas Bakrie sebagai program Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Provinsi Riau.

 

DALAM rangka mengembangkan desa wisata di Kabupaten Pelelawan dan Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Universitas Bakrie (U-Bakrie) dan PT Energi Mega Persada (PT EMP) melaksanakan sejumlah pelatihan di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak Provinsi Riau pada 15-19 November 2021. Masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mengikuti pelatihan itu menggunakan modul-modul yang dikembangkan oleh U-Bakrie. 

Pelatihan yang diberikan antara lain Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pengembangan Fasum dan Paket Wisata, Pendampingan Branding, serta Pemasaran dan Kerja Sama. Pelatihan ini merupakan hasil dari program penelitian Matching Fund dari Kemendikbud-Ristek dengan penelitian yang berjudul Peningkatan Kapasitas Organisasi Desa Wisata untuk Membentuk Destination Branding: Kerja Sama Universitas Bakrie-PT Energi Mega Persada Tbk. 

Penelitian itu berbasis masyarakat dari Universitas Bakrie sebagai program Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Provinsi Riau. Sejumlah hasil telah diperoleh yang meliputi modul pelatihan, website dan mobile apps untuk promosi desa wisata (deswis) dan pemasaran produk lokal secara online. 

Ketua Tim pada Program MF Kedaireka U-Bakrie dan PT EMP, Eli Jamilah Mihardja, Ph.D menyatakan pelatihan mengenai konten akan mengantarkan mereka pada pengenalan cara website itu bekerja dan penggunaannya secara mobile melalui mobile apps. "Kami mengharapkan nanti pelatihan lanjutan berupa Training of Trainer (TOT) Optimalisasi Website, peserta yang merupakan anggota kelompok Pokdarwis akan lebih memahami fungsi dan cara mengoptimalkan Website Desa Reka Energi Bakrie sebagai kebutuhan destination branding dan promosi deswis mereka," ujar Eli yang juga Kepala Pusat Studi Geopark U-Bakrie dalam keterangan resmi, Rabu (29/12).

Program selanjutnya berupa Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS. Ini berupa pengabdian yang dilaksanakan dalam Optimalisasi Pemanfaatan Website dan Aplikasi Mobile Untuk Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Siak Provinsi Riau, pengenalan Website dan Mobile Apps, sarana penyampaian informasi mengenai Desa Wisata Energi Bakrie, juga sebagai platform usaha rintisan dalam pemasaran deswis. Kegiatan ini dilaksanakan di Grand Elite Pekanbaru, Provinsi Riau, pada 22-24 Desember 2021.

Nanti serangkaian program tersebut, mulai dari pelatihan hingga pengabdian, mampu menciptakan keahlian dan kegiatan, khususnya dalam aktivitas pemasaran online. Masyarakat diharapkan mampu mengembangkan wilayah yang memiliki potensi alam menjadi desa wisata yang dapat meningkatkan kesejahteraan sambil tetap memelihara lingkungan alam tetap terjaga. (OL-14) 

Baca Juga

MI/DJOKO SARDJONO

Semarakkan HUT Kemerdekaan, Kodim 0723 Klaten Adakan Lomba Panjat Pinang

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 19:45 WIB
Dandim 0723 Klaten, Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, mengatakan lomba panjat pinang diadakan sebagai pengganti penutupan Karya Bakti...
MI/SUPARDJI RASBAN

Kepala Desa di Brebes Diimbau Membuat Buku Sejarah Desa

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 19:40 WIB
Banyak yang bisa digali dari setiap desa untuk mendorong masyarakatnya lebih maju dan sejahtera jika memang serius untuk membangun...
MI/ Cri Qanon Ria Dewi

5.313 Tahanan di Lampung Mendapat Remisi HUT RI

👤Cri Qanon Ria Dewi 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 19:39 WIB
Dari jumlah tersebut, 5.207 orang mendapat remisi umum I (pengurangan masa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya