Minggu 12 Desember 2021, 13:06 WIB

Kalteng Kembangkan Tambak Udang di Sukamara

mediaindonesia.com | Nusantara
Kalteng Kembangkan Tambak Udang di Sukamara

DOK PEMPROV KALTENG

 

ASISTEN Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung meninjau pembangunan shrimp estate/ Udang Vaname di sejumlah tempat di Kabupaten Sukamara, Sabtu (11/12/2021). Peninjauan ini merupakan tindak lanjut dari Focus Discussion Group (FGD) Prospek dan Invesatasi Tambak Udang Vaname di Prov. Kalteng yang digelar di Ballroom Avila Hotel Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat (10/12/2021) lalu.

Tambak udang yang ditinjau di antaranya tambak udang Tanjung Selaka yang berlokasi di Sungai Damar, Kecamatan Sungai Lunci; Tambak Udang Desa Sungai Damar, Kecamatan Sungai Lunci; dan lokasi shrimp estate di Desa Sungai Raja, Kecamatan Kuala Jelai.

Saat meninjau di shrimp estate di Desa Sungai Raja, Leonard S Ampung berharap ada investor yang lebih besar masuk di Kalteng, Leonard mengungkapkan Pemerintah Daerah sangat mendukung terhadap peningkatan dan pembangunan dari shrimp estate di mulai dari Kabupaten Sukamara.

Baca Juga: Gubernur Kalteng Sugianto Hadiri Seminar untuk Hindari Penyimpangan Pengadaan Barang dan Jasa di Pemda

Lebih lanjut Leonard mengatakan, dalam rangka mendukung pengembangan shrimp estate, Pemprov. Kalteng mengupayakan kawasan yang dijadikan lokasi shrimp estate harus clear and clean. Shrimp estate ini masuk dalam RTRWP dalam revisi Perda Nomor 5 Tahun 2015 tentang tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2015-2035. Pemprov juga berkolaborasi dengan Kabupaten Sukamara khususnya agar bisa menyesuaikan RTRWK dan RDTR. Berikutnya berkolaborasi dengan Bank untuk pembiayaannya, di mana semua harus bersinergi dengan baik.

"Ini suatu potensi yang besar untuk mengangkat PAD Kalteng dan ujungnya untuk devisa Negara juga. Kita berharap masyarakat juga bisa meningkatkan Daerah, Desa menjadi petambak udang vaname yang tangguh,” tutur Leonard.

“Bapak Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran berkomitmen kuat untuk mengembangkan shrimp estate. Semua pembiayaan, pendekatan dari APBD dan pendekatan dari Bank sudah dikolaborasikan dengan baik oleh Bapak Gubernur,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sukamara H. Windu Subagio mengucapkan terima kasih kepada Pemprov. Kalteng khususnya Gubernur H. Sugianto Sabran yang telah mendukung penuh pengembangan shrimp estate di Kabupaten Sukamara.

“Dengan ditetapkannya shrimp estate di Kabupaten Sukamara untuk udang vaname, saya bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Kalteng dan pihak terkait yang sudah mendukung dan mengembangkan shrimp estate menjadi suatu kawasan tambak udang yang moderen dengan cara budidaya yang intensif,” ucap Bupati Sukamara.

H. Windu Subagio berharap dampak yang positif untuk masyarakat Sukamara. “Dampak yang kami harapkan bisa membangkitkan perekonomian di sekitar tambak shrimp estate, berkembangnya tenaga kerja dan adanya transfer teknologi dari pengelola shrimp estate ke masyarakat sekitar pantai,” tandasnya.

Windu juga menuturkan bahwa Pemerintah Daerah sangat mendukung penuh program udang vaname di Kabupaten Sukamara.

Turut hadir sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng Direktur Utama Bank Kalteng Yayah Diasmono serta pihak terkait lainnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/R D Putra

125 Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan sudah Diambil Keluarga

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:23 WIB
Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Menurutnya, tidak ada lagi jenazah yang belum...
DOK.MI

Polisi Gagalkan Pajero Bawa Paket 20 Kg Sabu dari Medan ke Palembang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:05 WIB
Di areal tersebut polisi menghentikan sebuah mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi B 1786 PJG. Mobil tersebut ditumpangi dua pria...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Sopir Bus Gagalkan Pengiriman 4,5 Kg Ganja ke Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:54 WIB
Dua pelaku yang mengirim paket tersebut, kata dia, saat ini masih dalam pencarian. Namun, identitas keduanya sudah dikantongi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya