Senin 06 Desember 2021, 21:50 WIB

BI Surakarta Gelar Pelatihan Kuliner Halal untuk UMKM

Widjajadi | Nusantara
BI Surakarta Gelar Pelatihan Kuliner Halal untuk UMKM

MI/WIDJAJADI
Bank Indonesia Surakarta menggelar pelatihan untuk pengusaha UMKM kuliner

 

 

BANK Indonesia Surakarta, Jawa Tengah, berupaya membantu pemulihan ekonomi. Mereka menggelar pelatihan UMKM kuliner di komunitas Kampung Batik Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon.

"BI Surakarta bersama Masyarakat Syariah terus bergerak membantu akselerasi pemulihan ekonomi UMKM Kuliner dan sekaligus  meningkatkan daya saing mereka, khususnya di bidang pengelolaan kuliner halal," kata Kepala BI Surakarta Nugroho Joko Prastowo, Senin (6/12).

Menurut Joko, bisnis kuliner halal kini menjadi sangat penting, karena banyak dicari dan dibutuhkan masyarakat dunia. Sementara produk makanan halal dan apalagi yang sudah bersertifikat halal masih sedikit.

Dia katakan, makanan atau kuliner halal bukan hanya kebutuhan masyarakat muslim saja, namun warga non muslim pun juga sangat menginginkan. "Ya karena makanan halal pasti bersih dan sehat," imbuh dia.

Karena itu, penting pula bagi Bank Indonesia dan juga Bank Syariah untuk mendukung dan memberikan bantuan, baik pembiayaan maupun pelatihan demi terwujudnya bisnis kuliner halal di tengah masyarakat.

Bank Indonesia Surakarta, lanjutnya, berkolaborsi dengan pemangku kepentingan yang berkompeten tidak sekadar memberikan pelatihan pada pelaku kuliner, namun juga mengembangkab kawasan kuliner halal berbasis komunitas di Kampung Wisata Batik Kauman.

Kegiatan ini, diyakini mendukung branding Kota Solo sebagai salah satu destinasi wisata kuliner halal. "Sangat pas dan ideal mengembangkan  kawasan kuliner halal di Kampung Batik Kauman," tegas dia

Pelatihan kuliner halal ini menjadi pendukung acara Festival Lomba Kuliner Kampung Wisata Batik Kauman yang akan diselenggarakan selama Desember 2021-Jan 2022. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal ( BPJPH) hadir dan mendukung pelatihan kuliner yang diikuti 50 pengusaha UMKM tersebut. (N-2)

Baca Juga

MI/Gabrile Langga

IKIPMU Beri Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi 1.000 Guru di Sikka Gratis

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 27 Januari 2022, 08:25 WIB
KAMPUS Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah (IKIPMU) Maumere, membuat program pelatihan penulisan karya ilmiah bagi 1.000...
MI/Dok Indosat Ooredoo Hutchison

IOH Umumkan Pemenang Video Challenge LCC Solo 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 27 Januari 2022, 05:45 WIB
Lebih dari 1.000 peserta yang didominasi berasal dari Solo dan sekitarnya, telah mendapatkan pelatihan pembuatan konten kreatif yang...
MI/BAYU ANGGORO

Kang Emil Berhasil Bantu Penjual Lukisan di Braga Lewat NFT

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:35 WIB
Lukisan yang biasanya hanya bisa laku Rp500 ribu-Rp1juta berhasil dijual Kang Emil dengan harga Rp2,4...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya