Senin 06 Desember 2021, 11:45 WIB

Banjir Mulai Landa Bagian Hilir Kalsel

Denny Susanto | Nusantara
Banjir Mulai Landa Bagian Hilir Kalsel

MI/Denny Susanto
Banjir di Kalsel

 

BANJIR yang melanda wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akibat pengaruh La Nina hingga kini masih berlangsung dan mulai merendami daerah bagian hilir seperti Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala, sebagian Kabupaten Banjar, dan Tanah Laut.

Selain akibat tingginya curah hujan dan turunnya luapan banjir dari bagian hulu, kondisi air pasang menyebabkan terjadinya rob. 

Pantauan Media, sebagian besar wilayah Kota Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalsel, terendam banjir akibat pengaruh air pasang laut dan sungai (rob), pada Minggu (5/12) malam.

Baca juga: Korban Banjir Kalimantan Selatan Dapat Bantuan

Banjir merendam sebagian besar wilayah di lima kecamatan yang ada di Kota Banjarmasin. Kecamatan Banjarmasin Barat, Banjarmasin Tengah, dan Banjarmasin Utara merupakan daerah terparah mengalami rob. Terutama daerah-daerah di sepanjang daerah aliran sungai.

Di beberapa daerah rendah, ketinggian banjir mencapai 50 cm hingga satu meter. Sebagian warga terpaksa mengungsi ke lokasi lebih aman. Menurut penuturan warga, air pasang (calap) ini merupakan yang terparah  selama ini.

Senin (6/12) pagi, banjir mulai surut. Namun, sebagian permukiman dan jalanan di Kota Banjarmasin masih terendam banjir. 

BMKG Kalsel memprediksi kondisi air pasang ini akan berlangsung hingga 4-5 hari ke depan.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menghimbau warga untuk waspada dan mengantisipasi ancaman air pasang yang semakin parah karena hujan diperkirakan masih akan turun dan air pasang akan berlangsung beberapa waktu ke depan. 

"Kita telah mengaktifkan Posko BPBD untuk penanganan banjir rob ini," ujarnya Senin (6/12).

Sementara BPBD Kalsel mencatat banjir rob, juga melanda wilayah Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, wilayah pesisir Kabupaten Banjar serta Tanah Laut. 

Sedangkan banjir di wilayah hulu Kalsel seperti Kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Utara juga masih terjadi meski tidak separah pekan sebelumnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Heri S

Pasar Murah Bahan Pokok di Sidoarjo Diserbu Warga

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:25 WIB
RATUSAN warga Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo menyerbu pasar murah yang digelar di lapangan desa setempat, Selasa...
MI/Dok. Satpol PP Sumut

Sempat Gagal karena Mendapatkan Perlawanan, Diskotek di Deliserdang Akhirnya Ditutup

👤Yoseph Pencawan 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:13 WIB
Pemprov Sumut memastikan tempat hiburan malam yang berada di wilayah perbatasan Deliserdang dengan Kota Binjai itu tidak mengantongi izin...
MI/Jamaah

Dua Pekan Satlantas Polres Kudus Sita 150-an Knalpot Bising

👤Jamaah 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:10 WIB
SATLANTAS Polres Kudus gencar melakukan penindakan pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong yang menimbulkan suara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya