Sabtu 04 Desember 2021, 16:50 WIB

Bali Waspadai Bencana Banjir di 16 Titik

Arnoldus Dhae | Nusantara
Bali Waspadai Bencana Banjir di 16 Titik

Antara/Nyoman Hendra Wibowo.
Pengendara motor menerobos banjir yang menggenangi kawasan Jalan Gunung Tangkuban Perahu, Kuta Utara, Badung, Bali, Kamis (9/9/2021).

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali meminta kepada masyarakat Bali untuk mewaspadai 16 titik banjir yang ada di enam kabupaten. Ini sesuai dengan peringatan yang dikeluarkan oleh BMKG Wilayah III Denpasar bahwa Bali akan terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi dalam beberapa hari ke depan ini.

BMKG juga mengeluarkan peringatan tentang potensi banjir yang akan terjadi bila intensitas hujan yang tinggi. "Sesuai peringatan dari BMKG Wilayah III Denpasar, kami akan meneruskan peringatan tersebut kepada masyarakat terutama masyarakat yang berada di 16 titik yang menjadi waspada banjir. Saat ini petugas kami bersinergi dengan seluruh unsur terkait sudah melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat untuk waspada bila terjadi curah hujan yang tinggi," ujar Kepala BPBD Bali I Made Rentin di Denpasar, Sabtu (4/12/2021).

Menurut Rentin, sosialisasi dan pendekatan kemanusiaan sangat penting sebab kadang-kadang warga di sekitar lokasi tidak sadar atau tidak mengetahui jika mereka dan keluarganya sedang diintai bahaya. "Sosialisasi sangat penting agar masyarakat selalu waspada. Minimal mereka bisa menyelamatkan dirinya sendiri, keluarganya, dan baru masyarakat sekitarnya. Korban jiwa harus minimal dan kalau bisa harta benda juga selamat," ujarnya. 

Ia mengaku selama ini memang sudah ada pemetaan wilayah rawan banjir di Bali. Namun masyarakat wajib tetap diingatkan karena terkadang mereka terlena atau lupa sehingga harus diingatkan kembali.

Ada 16 titik wilayah rawan banjir dan longsor yang tersebar di lima kabupaten di Bali yakni Jembrana, Badung, Gianyar, Tabanan, dan Buleleng. Dari lima kabupaten tersebut, terbanyak berada di Kabupaten Tabanan yakni sebanyak tujuh titik di tujuh kecamatan yakni Pupuan, Penebel, Baturiti, Marga, Tabanan, Kerambitan, Selemadeg. 

Baca juga: Waspada Hujan Deras di Puncak Merapi

Kabupaten Buleleng memiliki empat titik rawan banjir di Busungbiu, Gerokgak, Seririt dan Banjar. Sisanya tersebar di tiga kabupaten lain. (OL-14)

Baca Juga

MI/Gabrile Langga

IKIPMU Beri Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi 1.000 Guru di Sikka Gratis

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 27 Januari 2022, 08:25 WIB
KAMPUS Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah (IKIPMU) Maumere, membuat program pelatihan penulisan karya ilmiah bagi 1.000...
MI/Dok Indosat Ooredoo Hutchison

IOH Umumkan Pemenang Video Challenge LCC Solo 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 27 Januari 2022, 05:45 WIB
Lebih dari 1.000 peserta yang didominasi berasal dari Solo dan sekitarnya, telah mendapatkan pelatihan pembuatan konten kreatif yang...
MI/BAYU ANGGORO

Kang Emil Berhasil Bantu Penjual Lukisan di Braga Lewat NFT

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:35 WIB
Lukisan yang biasanya hanya bisa laku Rp500 ribu-Rp1juta berhasil dijual Kang Emil dengan harga Rp2,4...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya