Kamis 02 Desember 2021, 21:56 WIB

Tanah Longsor Dominasi Bencana Di Kuningan Sepanjang November

Nurul Hidayah | Nusantara
Tanah Longsor Dominasi Bencana Di Kuningan Sepanjang November

ANTARA
Ilustrasi

 

TANAH longsor mendominasi kejadian kebencanaan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sepanjang November 2021. Masyarakat diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

Berdasarkan data yang dhimpun dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, jumlah kejadian bencana yang terjadi sepanjang November 2021 mencapai 53 kejadian. Angka ini meningkat dibandingkan Oktober 2021 yang terjadi 23 kejadian bencana.

Dari 53 kejadian sebanyak 45 kejadian merupakan tanah longsor. "Kejadian bencana selama November didominasi tanah longsor,� tutur Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu, Kamis (2/12).

Selain tanah longsor, ada pula angin kencang sebanyak 2 kali  kejadian, pergerakan tanah, banjir, rumah ambruk, orang hanyut, dan sambaran petir serta kebakaran. Kejadian bencana selama November tersebut tersebar di 39 desa di 17 kecamatan di Kabupaten Kuningan.

Dari seluruh kejadian, lanjut Indra, ada satu korban yang meninggal dunia. Selain itu ada 59 kepala keluarga (KK) atau 175 jiwa yang terdampak bencana. Tidak hanya korban jiwa, bencana yang terjadi sepanjang November 2021 telah menyebabkan 51 rumah terdampak. Dengan rincian satu rumah rusak berat, lima rumah rusak sedang, empat rumah rusak ringan,39 rumah terancam dan dua rumah terendam banjir.

Adapun sarana dan prasarana umum yang terdampak terdiri dari jalan 24 titik, jembatan satu titik, sawah satu hektare, tembok penahan tanah (TPT) 26 titik, irigasi tiga titik dan sarana pendidikan tiga titik.

Indra mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan hati-hati. "Curah hujan diprakirakan akan terus meningkat menjelang puncak musim hujan," tutur Indra.

Kabupaten Kuningan telah menetapkan siaga darurat bencana hidrometeorologi sejak awal November2021 hingga April 2022. Untuk itu semua pihak diminta memiliki komitmen bersama untuk mengurangi risiko dan dampak bencana. (OL-15)

 

Baca Juga

Medcom.id.

Kontak Tembak dengan KKSB Papua, Satu Tentara Tewas

👤Martinus Solo 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:41 WIB
Korban luka masih dalam penanganan medis di Puskesmas Aifat, Kampung Kumurkek Distrik...
Ist

Dukung Kesehatan Masyarakat, Gunung Capital Bantu Bangun Posyandu

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:39 WIB
Sebelumnya fasilitas kesehatan terdekat hanya terdapat di Kecamatan yang berjarak sekitar 3-4 kilometer dari Dusun...
DOK BPBD Kudus.

Tiga Rumah Warga Rusak akibat Tanah Longsor di Kudus

👤Jamaah 🕔Kamis 20 Januari 2022, 14:24 WIB
Bencana tanah longsor di empat desa dalam waktu berdekatan terjadi setelah Kabupaten Kudus diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya