Minggu 28 November 2021, 12:55 WIB

Ganjar Dorong Desa Jadi Ujung Tombak Pembangunan

Mediaindonesia.com | Nusantara
Ganjar Dorong Desa Jadi Ujung Tombak Pembangunan

Dok. Probadi
Musda Papdesi I Jawa Timur

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap desa menjadi ujung tombak pembangunan. Hal itu disampaikannya di Musyawarah Daerah (Musda) I Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) DPD Jawa Timur.

Ganjar merupakan Ketua Dewan Pembina Papdesi. Dia hadir secara virtual dan memberikan sambutan dalam kegiatan yang diadakan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini.

"Kita harapkan nanti betul-betul desa itu sebagai frontliner, menjadi gerbang paling depan untuk membangun," ujar Ganjar dalam keterangannya. 

Ganjar bilang, apabila desa menjadi pusat penmbangunan, maka kreasi dan inovasi akan tumbuh. Dia juga berharap Musda I tersebut bisa melihat dan membahas permasalahan-permasalahan di desa.

"Mungkin problem administrasi, mungkin problem bagaimana kita berkreasi, agar desa-desa bisa berkembang. Bagaimana menggunakan anggaran desa dengan tepat, bagaimana mengajak partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam penyusunan program yang ada di desa," ucapnya.

Baca juga : Cerita Istri Ganjar Pranowo di Borobudur Marathon 2021 : Deg-degan Menunggu Start Lomba

Lebih lanjut, Ganjar berpesan agar para kepala desa bisa saling bertukar ide dan gagasan. Kemudian, Ganjar juga meminta para kades memerhatikan kaum disabilitas.

"Saya titip juga para penyandang disabilitas yang ada di desa, ajak yuk mereka. Minimal didata untuk kemudian mereka bisa berpartisipasi," kata Ganjar.

Musda I Papdesi DPD Jatim ini menghasilkan Ketua Papdesi DPC Mojokerto, Jurianto Bambang Siswantoro sebagai ketua terpilih. Jurianto yang juga Kades Duyung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto itu terpilih secara aklamasi dan akan menjabat hingga 2026.

"Program ke depan kita, harus memberikan kontribusi yang baik bagi anggota kita dan masyarakat pada umumnya. Kita nanti membangun Indonesia melalui membangun desa mandiri," tutur Jurianto. (RO/OL-7) 

Baca Juga

MI/Gabrile Langga

IKIPMU Beri Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi 1.000 Guru di Sikka Gratis

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 27 Januari 2022, 08:25 WIB
KAMPUS Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah (IKIPMU) Maumere, membuat program pelatihan penulisan karya ilmiah bagi 1.000...
MI/Dok Indosat Ooredoo Hutchison

IOH Umumkan Pemenang Video Challenge LCC Solo 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 27 Januari 2022, 05:45 WIB
Lebih dari 1.000 peserta yang didominasi berasal dari Solo dan sekitarnya, telah mendapatkan pelatihan pembuatan konten kreatif yang...
MI/BAYU ANGGORO

Kang Emil Berhasil Bantu Penjual Lukisan di Braga Lewat NFT

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:35 WIB
Lukisan yang biasanya hanya bisa laku Rp500 ribu-Rp1juta berhasil dijual Kang Emil dengan harga Rp2,4...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya