Selasa 23 November 2021, 20:18 WIB

Jateng Selatan Bakal Terdampak Siklon Tropis Paddy

Lilik Darmawan | Nusantara
Jateng Selatan Bakal Terdampak Siklon Tropis Paddy

ANTARA
Ilustrasi

 

SIKLON tropis Paddy di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah (Jateng) bergerak ke arah barat menjauhi wilayah Indonesia. Meski demikian, dampaknya masih dirasakan yakni hujan deras yang potensial terjadi di Jateng selatan.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan berdasarkan rilis resmi dari BMKG, siklon tropis Paddy bertekanan 995 hPa dengan kekuatan 40 knot atau 75 km/jam.

"Saat sekarang bergerak ke arah barat dengan kecepatan 5 km/jam menjauhi wilayah Indonesia. Ada dampak hujan sedang hingga deras di Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jateng, DI Yogyakarta, Jawa Timur," kata  Rendi pada Selasa (23/11).

Menurut Rendi, khusus di wilayah Jateng selatan ada dua kabupaten yang harus siaga. "Dua kabupaten yang masuk dalam kategori siaga adalah Cilacap dan Banyumas. Di Cilacap ada 23 kecamatan dan di Banyumas ada 16 kecamatan. Ada potensi hujan lebat yang dapaty memicu bencana hidrometeorologi," ujarnya.

Sedangkan dua kabupaten yang lain masuk status waspada ada Purbalingga dan Banjarnegara. Di Purbalingga, ada tiga kecamatan dan Banjarnegara satu kecamatan yang perlu waspada. Hujan deras berpotensi terjadi yang dapat memicu banjir dan longsor. (OL-15)

Baca Juga

DOK PTAR

PT Agincourt Resources Sebar Ribuan Pohon Pada Peringatan HMPI 2021

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 28 November 2021, 21:35 WIB
PERINGATAN Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh setiap tanggal 28 November diisi PT Agincourt Resources (PTAR) dengan kegiatan...
ANTARA

Pasien Covid-19 Di Bengkulu Terus Berkurang

👤Marliansyah 🕔Minggu 28 November 2021, 21:05 WIB
Hingga saat ini, di Bengkulu tersisa empat pasien yang masih menjalani perawatan setelah 25 orang pasien dinyatakan sembuh pada Minggu...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Prorgam Rehabilitasi DAS Pegunungan Menoreh-Borobudur Dimulai

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 28 November 2021, 20:55 WIB
Program penanaman dalam rangka rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Perbukitan Menoreh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya