Rabu 03 November 2021, 17:15 WIB

Kejari Brebes Musnahkan Ribuan BB dari Narkoba Hingga Smartphone

Supardji Rasban | Nusantara
Kejari Brebes Musnahkan Ribuan BB dari Narkoba Hingga Smartphone

MI/Supardji Rasban
Kajari Brebes, Mernawati, SH (bertopi) memperhatikan BB yang akan dimusnahkan.

 

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Brebes, Jawa Tengah, memusnahkan ribuan barang bukti (BB) seperti narkotika hingga smartphone. Pemusnahan BB tersebut dilakukan di halaman

Kantor Kejari Brebes, Rabu (3/11/2021). Pemusnahan BB itu disaksikan perwakilan dari Jajaran Polres Brebes dan Dinas Kesehatan Brebes.
     
Ribuan BB yang dimusnahkan dengan cara dibakar dan dimartil tersebut berasal dari 24 perkara tindak pidana yang sebelumnya sudah dinyatakan berkekuatan hukum tetap.
     
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Brebes, Mernawati, menyampaikan BB yang dimusnahkan merupakan perkara yang telah inkrah periode Juli hingga Oktober 2021. Di antaranya ribuan butir obat-obatan atau narkotika zat adiktif, rokok tanpa pita cukai, senjata tajam, smartphone dan beberapa barang bukti lainnya.
     
"Pemusnahan BB didominasi rokok dengan cara dibakar. Kemudian narkotika kita blender dengan campuran dan air. Untuk smartphone kita hancurkan pakai martil," ujar Mernawati.
     
Mernawati menyebut ribuan bungkus rokok ilegal atau tanpa pita cukai berbagai jenis dan merk itu, senilai Rp 117.976.320. "Rokok tanpa pita cukai (ilegal) yang kita musnahkan dengan cara dibakar ada 1.269 bungkus. Sedangkan barang bukti lainnya, seperti pakaian, celana panjang, kaos, dan senjata tajam," rincinya.
     
Mernawati menuturkan, peredaran rokok ilegal di Kabupaten Brebes sudah terjadi cukup lama. Secara rutin bea cukai selalu menemukan peredaran rokok tanpa pita cukai ini beredar di masyarakat.
     
"Peredaran rokok ilegal tidak hanya merugikan penerimaan negara. Kita ketahui merokok dapat menggangu kesehatan, terlebih lagi dengan rokok illegal yang kualitas tembakaunya kurang diperhatikan dan tidak ada pengawasan," urainya.
     
Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan BB dan Barang Rampasan Kejari Brebes, Iman Suryaman, menuturkan jika BB narkotika dan zat adiktif yang berhasil diamankan. Seperti tembakau sintetis seberat 16 gram, sabu dengan berat 7,3 gram, ganja 1,1 gram, obat hexymer 1.960 butir.
     
"Obat tramadol 128 butir, obat riklona 4 butir, obat aprazolam 13 butir dan obat trihexyphenidyl 177 butir," terang Iman.
     
Menurut Iman, untuk BB narkotika dan zat akditif  tersebut bila diuangkan setara Rp 22.487.195. "sedangkan untuk pemusnahan barang bukti senjata tajam dipotong-potong agar tidak dapat lagi digunakan," pungkas Iman. (JI/OL-10)

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya