Senin 25 Oktober 2021, 09:14 WIB

Satu-satunya Maskapai di Bandara JB Soedirman, Citilink, Setop Terbang

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Satu-satunya Maskapai di Bandara JB Soedirman, Citilink, Setop Terbang

MI/LILIK DARMAWAN
Pesawat Citilink ATR 72-600 menurunkan penumpang di Bandara JBS Purbalingga.

 

MASKAPAI penerbangan Citilink Indonesia menyetop penerbangan di Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah. Padahal, bandara tersebut baru saja diresmikan Juni tahun ini dan Citilink menjadi maskapai satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan komersial di bandara tersebut.

Saat dikonfirmasi, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo membenarkan hal tersebut. Namun, penghentian operasi penerbangan hanya bersifat sementara.

"Hanya di minggu ketiga dan keempat Oktober ini tidak kita operasikan karena rendahnya tingkat isian penumpang di rute ini," ungkapnya kepada Media Indonesia, Minggu (24/10).

Baca juga: Tourism Promotion Organization akan bawa 100 Wisatawan Korea ke Pariaman

Dia menegaskan, selain dari periode tersebut, Citilink masih akan melayani penerbangan dari bandara JB Soedirman. Dengan demikian tidak berhenti beroperasi selamanya.

"Kami masih tetap melayani rute ke Purbalingga. Sesuai izin rute dan jadwal yang diberikan, yaitu Kamis dan Sabtu," ucapnya.

Kabar mengenai tidak beroperasinya maskapai Citilink di bandara JB Soedirman awalnya dilontarkan Pengamat kebijakan Publik Agus Pambagio lewat akun Facebooknya, Minggu (24/10). 

Saat dikonfirmasi, Agus mengaku dari informasi yang didapat, ternyata maskapai itu tidak mengoperasikan penerbangan selama sebulan penuh.

"Betul, itu informasi langsung dari QG (kode penerbangan Citilink). Saya rencananya Selasa (26/10) pekan ini mau terbang," katanya kepada wartawan.

Dalam unggahan di sosia medianya, Agus berpendapat bakal jarang masyarakat yang terbang dari Bandara JB Soedirman lantaran ke daerah lain di sekitar Purbalingga dianggap lebih mudah diakses dengan transportasi darat ketimbang pesawat.

"Siapa yang mau terbang meski tidak pandemi? Secara ekonomi dan pekerjaan mereka bergerak di sekitar-sekitar saja. Jadi, kemungkinan menggunakan pesawat dalam 5 tahun ke depan minim (di Bandara JB Soedirman). Terus operasional bandara dibiayai siapa? Cilacap, Purbalingga itu cuma 65 km. Lebih cepat pakai kendaraan darat, murmer (murah meriah). Kita lihat semoga analisa saya salah," tulisnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Denny S

Banjir Surut Sampah Kayu Tutupi Badan Sungai di Kalsel

👤Denny Susanto A 🕔Jumat 03 Desember 2021, 10:05 WIB
PASKA bencana banjir sampah menjadi persoalan tersendiri dihadapi pemerintah kabupaten di Kalimantan...
dok.ant

BMKG: Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 4 Desember

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:35 WIB
BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 3 - 4 Desember...
dok.ant

Vaksinasi di Jambi Dari Rumah ke Rumah, Forkopimda Apresiasi BINDA

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:10 WIB
BADAN Intelijen Negara Daerah (Binda) Jambi melakukan vaksinasi bagi masyarakat dan pelajar. Vaksinasi ini dilakukan di enam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya