Rabu 20 Oktober 2021, 18:45 WIB

Capaian Vaksin Sesuai Target, Kota Sukabumi Level 2 PPKM

Benny Bastiandy | Nusantara
Capaian Vaksin Sesuai Target, Kota Sukabumi Level 2 PPKM

DOK MI
Ilustrasi

 

BERBAGAI upaya penanganan covid-19 yang dilakukan semua elemen di Kota Sukabumi, Jawa Barat, berbuah hasil positif. Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, saat ini Kota Sukabumi berada pada level 2.

Namun, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, mengingatkan masyarakat tak lantas abai terhadap penerapan protokol kesehatan covid-19, terutama pemakaian masker saat beraktivitas di luar rumah. Bahkan sejatinya penerapan protokol kesehatan covid-19 harus lebih ditingkatkan.

"Hasil penilaian dari pemerintah pusat, saat ini kita (Kota Sukabumi) berada pada level 2. Tapi jangan mengabaikan disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Fahmi, Rabu (20/10).

Sebelumnya, Kota Sukabumi bertahan cukup lama di PPKM level 3. Namun penilaian level 2 kemungkinan karena cakupan vaksinasi covid-19 di Kota Sukabumi memenuhi target yang ditetapkan pemerintah.

"Ini tak terlepas peran semua pihak. Saya instruksikan semua ketua RT dan RW terus mengedukasi masyarakat menerapkan pentingnya protokol kesehatan, terutama pemakaian masker. Ingatkan terus masyarakat. Bisa secara langsung atau melalui grup WA (WhatsApp)," tegasnya.

Pentingnya menerapkan protokol kesehatan, lanjut Fahmi, tak terlepas juga prediksi potensi gelombang ketiga covid-19. Diprediksi bakal terjadi pada akhir tahun ini hingga Januari 2022. "Kita harus tetap waspada. Jangan sampai lengah karena biasanya di akhir tahun sangat banyak kegiatan," tuturnya.

Selain disiplin menerapkan protokol kesehatan, sebut Fahmi, upaya lain melindungi diri agar terhindar dari penularan covid-19 yakni vaksinasi. Layanan vaksinasi saat ini berkonsep kewilayahan dengan tujuan memudahkan dan mendekatkan dengan masyarakat.

"Vaksinasi sekarang sudah berbasis RW. Jadi kita dekatkan dan mudahkan layanannya," sebutnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati, menambahkan cakupan vaksinasi menjadi salah satu indikator penilaian level PPKM. Karena itu, Pemkot Sukabumi gencar melakukan layanan vaksinasi dengan cara mendekatkan diri ke lingkungan masyarakat.

"Indikator penilaian level PPKM sekarang bukan hanya kapasitas respons dan laju penularan, tapi harus dengan capaian vaksinasi. Untuk mencapai level 2, capaian vaksinasi itu minimalnya 50% untuk dosis pertama. Kota Sukabumi sudah mencapai itu, bahkan lebih," terang Lulis. (OL-15)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Bulog Gelontorkan Beras Fortivit Atasi Stunting di NTT

👤Palce Amalo 🕔Kamis 02 Desember 2021, 17:01 WIB
Bulog menggelontorkan ribuan beras fortivit kepada balita stunting di Desa Bokong, Kecamatan Taebenu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis...
MI/Caksono.

Polresta Padang Tangkap Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur

👤Yose Hendra 🕔Kamis 02 Desember 2021, 16:47 WIB
Kronologi kejadian pada Senin (29/11) sekitar pukul 12.00 WIB. Waktu itu korban lewat di depan rumah...
MI/Rendy Ferdiansyah.

Terbakar, Kapal Bermuatan Karet Rute Palembang-Pontianak

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 15:48 WIB
Saat itu, menurut Mikron, nakhoda kapal memerintahkan ABK menyiapkan rakit sebagai upaya penyelamatan pertama. Kemudian api...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya