Selasa 05 Oktober 2021, 19:02 WIB

Jalur Pendaratan Tertutup Debu Vulkanik, Wings Air Batal Landing Di Lembata

Alexander P Taum | Nusantara
Jalur Pendaratan Tertutup Debu Vulkanik, Wings Air Batal Landing Di Lembata

ANTARA
Pesawat Wings Air

 

AKTIVITAS Gunung berapi Ile Lewotolok, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang meningkat belakangan ini, menyebabkan terganggunya penerbangan rute Kupang-Lewoleba. Selasa (5/10), pesawat Wings Air rute Kupang-Lewoleba, terpaksa putar balik ke bandara El Tari Kupang.

Keputusan putar balik tersebut diambil karena jalur pendaratan tertutup debu vulkanik akibat erupsi Gunung Ile Lewotolok. "Alasannya, di jalur pendaratan menuju bandara, menurut pilot terdapat abu vulkanik dengan melihat bekas letupan, sehingga memutuskan untuk kembali ke Kupang," ujar Saiful, Kepala Bandara Wunopito, Lewoleba, Lembata.

"Kami masih menunggu keputusan dari Kupang mengenai pemberangkatan selanjutnya. Untuk hari ini sudah diputuskan penerbangannya di tunda," imbuh Saiful.

Disebutkan, kondisi di bandara saat ini tidak ada debu, seperti halnya di Kabupaten Lembata juga tidak ada debu vulkanik. "Kalau lihat mata sih kondisi seperti kemarin kemarin, tapi dari kacamata pilot mungkin beda," ujar Saiful seraya engatakan pihaknya masih menanti kepastian pelayanan kembali pesawat Wings  Air menuju Lembata.

Sementara itu, Stanislaus Arakian, Kepala Pos Pengamatan Gunung Ileewotolok, dalam laporan kondisi Gunung Api Ile Lewotolok, hari ini menjelaskan, pada periode pengamatan visual pukul 06.00 hingga pukul 12.00 WITA, asap kawah teramati kelabu dengan intensitas sedang, hingga tebal dengan tinggi 100 m sampai 800 m diatas puncak kawah.

Terdengar pula gemuruh lemah hingga sedang. Warga dihimbau tetap waspada, sedangkan status gunung Ile Lewotolok  hingga saat ini, berada di level III atau siaga. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Denny S

Banjir Surut Sampah Kayu Tutupi Badan Sungai di Kalsel

👤Denny Susanto A 🕔Jumat 03 Desember 2021, 10:05 WIB
PASKA bencana banjir sampah menjadi persoalan tersendiri dihadapi pemerintah kabupaten di Kalimantan...
dok.ant

BMKG: Waspada Gelombang Sangat Tinggi hingga 4 Desember

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:35 WIB
BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 3 - 4 Desember...
dok.ant

Vaksinasi di Jambi Dari Rumah ke Rumah, Forkopimda Apresiasi BINDA

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:10 WIB
BADAN Intelijen Negara Daerah (Binda) Jambi melakukan vaksinasi bagi masyarakat dan pelajar. Vaksinasi ini dilakukan di enam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya