Rabu 29 September 2021, 19:48 WIB

Empat Kabupaten Di Babel Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Empat Kabupaten Di Babel Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

ANTARA
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Depati Amir Pangkalpinang, mengeluarkan peringatan dini cuaca ektrem di empat kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kepala Seksi Informasi dan Data BMKG Kelas 1 Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan, peringatan dini cuaca ekstrem spasial berbasis dampak berpotensi terjadi di Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah dan Bangka Selatan. "Masyarakat di empat Kabupaten ini kita minta waspada potensi cuaca ekstrem spasial berbasis dampak," kata Kurniaji. Rabu (29/9).

Ia menyebutkan hujan lebat kategori satu level waspada di Bangka Barat berpotensi terjadi di Kecamatan Jebus, Simpang Teritip dan Parit tiga, sedangkan untuk Kota Muntok level 3. Ia menjelaskan. untuk kategori satu, dampaknya, jalan basah dan licin, sekitar badan sungai tergenang, transportasi sedikit terkendala, aktivitas masyarakat sedikit terganggu.

"Untuk level 3 ini dampaknya terjadi genangan, trasportasi terganggu, aktivitas masyarakat terganggu, genangan masuk ke pemukiman sekitar bantaran sungai," ujarnya.

Ia melanjutkan untuk Bangka, khususnya di kecamatan mendo barat, hujan lebat masuk kategori 3, sedangkan untuk Bangka Tengah dan Bangka Selatan ada yang masuk kategori 1 dan normal. Kendati ada dua kabupaten yang berpotensi hujan lebat dengan dampak kategori 3. Pihaknya meminta masyarakat untuk tetap tenang dan waspada.

"Tidak perlu panik. Tetap tenang, tapi ingat harus tetap waspada, terlebih untuk tidak beraktivitas diluar rumah jika tidakmendesak,"uca dia. (OL-15)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Bantu Pemuda di Kulon Progo yang Manfaatkan Limbah Jagung

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 01:23 WIB
Sandiaga pun berdialog dengan Ade. Sebab, pemuda tersebut bisa memanfaatkan limbah jagung menjadi produk yang...
DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya