Selasa 21 September 2021, 16:08 WIB

Kembangkan Sektor Pertanian, Pemkab Morowali Utara Gandeng IPB

Mediaindonesia.com | Nusantara
Kembangkan Sektor Pertanian, Pemkab Morowali Utara Gandeng IPB

Dok. Ist
Kerja sama Pemkab Morowali Utara dan IPB University resmi berjalan

 

SEKTOR  pertanian secara nasional tumbuh mengembirakan. Tercatat data BPS pada Triwulan II menunjukan bahwa Produk Domestic Bruto (PDB) sektor pertanian mengalami pertumbuhan terbesar 12.93% (q-to-q). 

Hal ini membuktikan sektor pertanian masih menjadi penopang kokoh kinerja ekonomi nasional.

Agar sektor pertanian dapat melompat lebih tinggi, menyuguhkan kesejahteraan bagi masyarakat luas perlu pendekatan yang integratif dan berbasis data akurat. 

Menyikapi tren tersebut, Pemerintah Kabupaten Morowali Utara secara konkret mewujudkan kebijakan pembangunan berbasis sains (science based policy) di sektor pertanian. 

Pendekatan data yang reliable jadi penentu dalam merancang program pemerintah yang dapat menghantarkan kepada pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Pelibatan perguruan tinggi dalam melakukan kajian dengan kaidah penelitian yang objektif adalah salah satu cara guna memperoleh informasi yang detail.

Dengan latarbelakang itulah Pemerintah Kabupaten Morowali Utara menyambangi IPB University di Dramaga, Kabupaten Bogor untuk mendndaklanjuti nota kesepahaman sebagaimana telah ditandatangani pada  Juni silam. 

“Perjanjian kerjasama ini nantinya akan menjadi landasan dalam melaksanakan kajian pemetaan potensi wilayah dan komoditas di Kabupaten Morowali Utara”, ujar Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi. 

Delis  menegaskan bahwa hasil kajian yang dilakukan oleh tim peneliti dari IPB University akan menjadi pedoman dasar bagi pemerintah daerah dalam merancang kebijakan daerah.  

“Kami bersepakat dengan IPB University lewat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) untuk menganalisis secara komprehensif potensi wilayah di daerah Morowali Utara mulai dari aspek pertanian, peternakan, perikanan hingga ke arah pengembangan bisnis yang potensial dan menguntungkan masyarakat”, pungkas Delis yang juga merupakan Ketua Himpunan Kerukanan Tani (HKTI) Sulawesi Tengah.

Rektor IPB University, Prof. Arif Satria menyambut baik langkah Pemerintah Kabupaten Morowali Utara. 

“Tentu kajian ini akan dilakoni secara serius oleh tim peneliti IPB University yang berasal dari lintas departemen agar mendukung kebijakan pemerintah daerah yang presisi”, tandasnya. (RO/E-1) 


 

Baca Juga

MI/Depi Gunawan.

10 Orang Meninggal Dunia akibat DBD di Cimahi

👤Depi Gunawan 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 14:25 WIB
Dari 10 kasus meninggal akibat DBD didominasi usia...
MI/Kristiadi

Polisi Gencar Gelar Vaksinasi, Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Melandai

👤Kristiadi 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 12:59 WIB
Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan, berdasarkan hasil laporan yang diterimanya, tinggal satu orang yang menjalani isolasi di...
MI/Tosiani

Peserta Kuliah Tatap Muka Untidar Gunakan Sipadu dan Screening Aplikasi Peduli Lindungi

👤Tosiani 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 12:49 WIB
Tujuan pemberlakuan ketentuan ini untuk memastikan bahwa mahasiswa yang masuk ke dalam lingkungan kampus adalah mahasiswa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya