Selasa 14 September 2021, 18:27 WIB

Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Jateng, Pemda Dimnta Siaga Bencana

Lilik Damawan | Nusantara
Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Jateng, Pemda Dimnta Siaga Bencana

ANTARA
Ilustrasi

 

BMKG Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengingatkan potensi munculnya cuaca ekstrem dalam tiga hari mendatang. Berdasarkan analisis dinamika atmosfer laut, terdapat aktivitas fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia.

Bersamaan dengan itu, teramati juga aktifnya fenomena gelombang Ekuatorial lainnya seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial. Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan oleh BMKG Semarang, dengan adanya fenomena tersebut dibarengi anomali suhu muka laut yang masih hangat di sebagian besar perairan di Indonesia, maka terbentuk awan-awan hujan.

"Kondisi atmosfer yang masih labil pada skala lokal juga mampu meningkatkan potensi konvektif kuat yang menyebabkan pembentukan awan. Sehingga hujan menjadi lebih intensif di beberapa wilayah Indonesia termasuk di wilayah Jateng,� kata Rendi, Selasa (14/9).

Menurut Rendi, berdasarkan prakiraan dari BMKG Ahmad Yani Semarang dalam tiga hari ke depan, ada potensi cuaca ekstre, dan curah hujan dengan intensitas lebat. Bahkan, disertai dengan dengan kilat atau petir dan angin kencang.

"Ada sejumlah daerah yang potensial terjadi cuaca ekstrem. Kalau di wilayah Jateng bagian selatan adalah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada masing-masing pemkab untuk meningkatkan kewaspadaan," jelasnya.

Sebab, dengan cuaca ekstrem yang terjadi, maka bisa menimbulkan dampak bencana, di antaranya adalah banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA

Korban Tragedi Kanjuruhan di RSSA Malang Tinggal 26 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:27 WIB
Kebanyakan pasien yang ditangani RSSA Malang adalah pasien dengan keluhan sesak...
DOK.MI

Pasutri Edarkan 4,9 Kg Sabu di Banjarmasin Ditangkap

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:13 WIB
Mereka mengaku dari hasil penjualan sabu memperoleh Rp175 juta per bulan. Mereka telah menjalankan bisnis haram narkotika selama tiga...
MI/BAYU ANGGORO

Dengan Program Inovatif, Dorong Warga Jawa Barat Taat Bayar Pajak

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:10 WIB
Pajak kendaraan bermotor manfaatnya sangat besar bagi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya