Selasa 31 Agustus 2021, 09:05 WIB

Rasio Tracing Covid-19 Kabupaten Sidoarjo Tertinggi di Jatim

Heri Susetyo | Nusantara
Rasio Tracing Covid-19 Kabupaten Sidoarjo Tertinggi di Jatim

MI/Heri Susetyo

 

CAPAIAN rasio tracing atau penelusuran pada kontak erat penderita covid-19 Kabupaten Sidoarjo tertinggi di Jawa Timur yaitu 34,2. Artinya setiap ada warga terpapar covid-19, maka dilakukan tracing pada orang kontak erat sedikitnya 34 orang. 

Ini adalah data dari hasil input aplikasi Silacak pada 27 Agustus lalu. Capaian rasio tracing kedua tertinggi adalah Kabupaten Lamongan 18,9 dan ketiga adalah Kabupaten Gresik 16,2.
 
Capaian rasio tracing Kabupaten Sidoarjo ini jauh dibandingkan rasio rata-rata di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur yang hanya 8,2. Capaian rasio tracing terendah adalah Bangkalan yaitu hanya 0,5.
 
Komandan Kodim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Muhamad Iswan Nusi mengatakan, keberhasilan Kabupaten Sidoarjo keluar dari zona merah dan ke zona orange atau level 3 adalah berkat kerja keras TNI, Polri, Pemda Sidoarjo, dan stakeholder terkait.

Namun Iswan Nusi memberikan apresiasi khusus kepada empat pilar tingkat desa yang sudah bekerja keras melaksanakan tracing, testing dan treatment kepada warga yang terkonfirmasi positif. Kerja keras itu berhasil menurunkan angka penyebaran covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. "Tentu gembira akhirnya kerja keras ini membawa hasil, namun tidak cepat berpuas diri," kata Iswan Nusi. 

Iswan Nusi menjelaskan, setelah menerima data NAR dari Dinkes Sidoarjo Babinsa, dan Bhabinkamtimmas melakukan tracing atau mencari orang yang kontak erat dengan warga terpapar. Orang yang terlacak kontak erat selanjutnya ditesting oleh bidan des atau nakes puskesmas.
 
Apabila hasilnya positif, yang bersangkutan akan dibawa ke tempat isolasi terpusat di Hotel Delta Sinar Mayang atau Mal Pelayanan Publik. Di tempat isolasi terpusat sudah ada tenaga medis yang sewaktu-waktu mengecek kondisi pasien covid-19. Sehingga pelaksanaan isolasi terpusat lebih maksimal hasilnya dibandingkan isoman di rumah. (HS/OL-10) 

Baca Juga

MI/M Yakub

Tanggul Kali Ingas Jebol, 200 Hektare Padi Siap Panen Terancam Terendam

👤M Yakub 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 21:30 WIB
Jebolnya tanggul Kali Ingas itu, dipicu naiknya permukaan air Bengawan Solo yang berstatus hingga siaga dua...
Dok. Sahabat Ganjar

Ninja Saga, Skuad Keamanan Khusus Relawan Sahabat Ganjar 

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 21:05 WIB
Satuan ini berisi orang-orang terlatih baik dalam ilmu beladiri maupun prosedur pengamanan VIP. Sebagai langkah perdana pelantikan...
DOK MI

Karyawan Bandara Ngurah Rai Ikuti Vaksinasi Dosis Booster

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 20:55 WIB
KARYAWAN PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai, Sabtu (22/1) menerima vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (dosis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya