Kamis 26 Agustus 2021, 18:46 WIB

Pinjol Ilegal Jerat Guru Di Jawa Tengah

Haryanto | Nusantara
Pinjol Ilegal Jerat Guru Di Jawa Tengah

DOK MI
Ilustrasi pinjaman online.

 

KEPALA Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY menyetakan banyak guru yang terjerat pinjaman online (pinjol) ilegal. Setidaknya ada 157 guru yang mengadu ke OJK setelah terjerat pinjol.

Hal itu diungkapkan Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY Aman Santosa dalam  webinar 'Waspada Investasi dan Perlindungan Sektor Jasa Keuangan di Era Digital', Kamis (26/8). Webinar ini diikuti guru SMA, SMK, Madrasah Aliyah, dan Pesantren se-Jawa Tengah.

Menurut Aman, kegiatan edukasi sangat penting mengingat berdasarkan survei OJK 2019, tingkat literasi keuangan yang merupakan indeks level pengetahuan masyarakat terhadap jenis produk keuangan di Jawa Tengah tergolong masih rendah yakni 47,38%. Namun, angka ini lebih tinggi dibandingkan dari Indeks Literasi Nasional sebesar 38,03%.

Sedangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan arahan serta apresiasinya atas kegiatan yang diinisiasi OJK tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada seluruh masyarakat khususnya di Jawa Tengah agar tidak terjerat investasi bodong serta kalau memerlukan pembiayaan dapat memilih pinjaman online yang legal.

"Kalau ada permasalahan atau perlu informasi tentang investasi dan pinjaman online illegal, bisa tanya atau hubungi OJK," imbuh Ganjar.

Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK Agus Fajri Zam mengimbau agar masyarakat terhindar dari jeratan pinjol ilegal. Yang paling utama masyarakat harus memastikan 2L yaitu logis dan legal.

"Harus diidentifikasi apakah penawaran produk yang disampaikan oleh pelaku usaha tersebut, masuk akal dan sesuai dengan kebiasaan atau peraturan yang berlaku serta mengidentifikasi apakah pelaku usaha dimaksud telah mendapatkan legalitas dari otoritas yang berwenang," katanya. (OL-15)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Tren Healing Melukat di Carangsari, Berkahnya Mengalir Hingga ke APBD Kabupaten

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:09 WIB
Berkendara 90 menit saja dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, kita akan tiba di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung,...
Ist

Jogja Fair 2022 Digelar Bersamaan Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:00 WIB
Event berkelas yang memadukan dari segi bisnis, edukasi, dan hiburan ini akan dihelat di Jogja Expo Center pada 6-9...
DOK Sahabat Ganjar

Emak-Emak Kuningan Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:35 WIB
DUKUNGAN terhadap Ganjar Pranowo untuk maju dalam pilpres 2024 terus mengalir. Kali ini, dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu datang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya