Selasa 24 Agustus 2021, 15:40 WIB

Santri Babakan Ciwaringin Antusias Divaksin Covid-19

Nurul Hidayah | Nusantara
Santri Babakan Ciwaringin Antusias Divaksin Covid-19

MI/Heri Susetyo
Seorang santri sedang divaksinasi

 

RIBUAN santri Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin antusias ikuti vaksinasi Covid-19. Ponpes miliki peran strategis untuk menyukseskan vaksinasi Covid-19.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri saat meninjau pelaksanaan vakinasi di Ponpes Babakan Ciwaringin, Selasa (24/8) menjelaskan antusiasnya santri untuk divaksin terlihat dari banyaknya pendaftar yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19. ''Dari target 3 ribu jumlah yang mendaftar ternyata mencapai 4 ribu santri dan masyarakat dari Desa Babakan,'' ungkap Dofiri. Untuk tetap menjaga prokes, vaksinasi Covid-19 di Ponpes Babakan Ciwaringin digelar di 7 titik.

Pada kesempatan itu Dofiri menjelaskan bahwa Ponpes memiliki peran strategis untuk menyukseskan vaksinasi Covid-19. ''Jika para santri dan kiai divaksin, maka masyarakat pun dipastikan bersedia mengikuti vaksinasi,'' ungkap Dofiri. Dengan begitu, dapat mempercepat pembentukan herd immunity di Jawa Barat.

Dijelaskan Dofiri, jumlah penduduk Jawa Barat mencapai 50 juta jiwa. Untuk dapat membentuk herd immunity minimal 70% atau sekitar 37 juta jiwa harus divaksin. ''Saat ini capaian vaksinasi di Jabar baru 12 juta jiwa,'' ungkap Dofiri.

Dofiri juga memastikan ketersediaan vaksin Covid-19, khususnya yang dialokasikan untuk jajaran Polri. Akhir September ini vaksinasi ditargetkan sudah diberikan kepada 400 ribu jiwa di Jabar. ''Kami berkoordinasi dengan pemerintah dan TNI untuk merealisasikan target tersebut,'' ungkap Dofiri. 

Bahkan Polda Jabar juga telah bekerja sama dengan Kanwil Kemenag Jawa Barat untuk mengadakan vaksinasi di 104 titik, dari mulai ormas Islam, pondok pesantren dan lainnya.

Vaksinasi bagi santri juga telah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu di Bogor, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan dan kali ini Kabupaten Cirebon. Rencananya, kegiatan serupa bakal digelar di Kabupaten Indramayu mulai besok.

Untuk seluruh santri yang telah divaksin, Dofiri berpesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. sebab vaksinasi bukan jaminan membuat kebal namun meminimalkan gejala saat terpapar Covid-19.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, KH Zamzani Amin, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Jabar yang telah memfasilitasi vaksinasi Covid-19 untuk santri. ''Kami berharap Polda Jabar bersedia menambah sasaran vaksinasi karena antusias santri dan warga sekitar yang tinggi,'' harap Zamzani.

Zamzani juga berharap vaksinasi di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin menjadi awal yang baik untuk menyukseskan program vaksinasi untuk para santri. (UL/OL-10)
 

Baca Juga

ANTARA

Kepemimpinan Jokowi Perkuat Komitmen Kebinekaan Wujudkan Stabilitas Politik Nasional

👤Widhoroso 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 16:44 WIB
PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mempunyai komitmen tinggi mengaplikasikan nilia-nilai kebinekaan dalam...
DOK MI

Minuman Oplosan, Kondisi Dua Warga Binaan Lapas Cianjur Membaik

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 16:40 WIB
KONDISI dua warga binaan Lapas Kelas II B Cianjur, Jawa Barat, yang keracunan minuman oplosan mulai...
DOK MI

784 Warga Binaan Lapas Cianjur Peroleh Remisi, Dua Orang Langsung Bebas

👤Benny Bastiandy/Budi Kansill 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 16:27 WIB
SEBANYAK 784 warga binaan Lapas Kelas II B Cianjur, Jawa Barat, mendapat remisi Hari Kemerdekaan RI, Rabu (17/8). Dari jumlah tersebut,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya