Jumat 20 Agustus 2021, 12:35 WIB

Kementan Dukung Rencana Sambas Jadi Lumbung Beras di Kalbar

Mediaindonesia.com | Nusantara
Kementan Dukung Rencana Sambas Jadi Lumbung Beras di Kalbar

Dok. Kementan RI
Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qalbi (kelima dari kanan) melakukan panen padi di Kabupaten Sambas, Kalbar, Kamis (19/8).

 

NIATAN Pemerintah Kabupaten Sambas untuk menjadikan wilayah tersebut sebagi lumbung beras di Kalimantan Barat diapresiasi. Kementerian Pertanian pun mendukung rencana itu dan siap memfasilitasi.

Hal ini bukan sesuatu yang mustahil bagi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalbar. Dari hasil penelitian sebelumnya, BPTP Kalbar telah menemukan varietas padi unggulan B-36 dan B-37.

Baca juga: Mentan Kunjungi Penggilingan Padi di Cibitung Bekasi, Jabar

"Varietas unggul ini mampu meningkatkan hasil panen, dari hanya 6 ton per hektare jadi 8,05 ton per hektare, seperti dalam panen yang sudah dilakukan dua kali oleh Pak Harvick (Wamentan Harvick Hasnul Qalbi) dalam dua minggu terakhir ini," kata Kepala BPTP Kalbar Rustan Massinai, Jumat (20/8).

Menurut dia, dari hasil panen pertama padi varietas B-36 dan B-37 akan dihasilkan 40 ton gabah. Pun semuanya tidak akan dikonsumsi, tapi langsung dijadikan bibit baru yang kemudian dibagikan gratis kepada petani.

"Dengan 40 ton bibit gratis ini semoga akan menghasilkan 100 ton pada panen berikutnya yang siap konsumsi."

Target untuk menjadikan Kabupaten Sambas sebagai lumbung padi Kalbar seperti Kabupaten Kerawang di Jawa Barat, juga akan dicapai dengan membuat panen tiga kali dalam setahun dengan bibit varietas unggul B-36 dan B-37 temuan BPTP Kalbar.

Pada Kamis (19/8), Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qalbi seusai melakukan panen padi di Kecamatan Pemangkat, Sambas, mengaku senang bisa menginjakkan kaki dan meninjau tanam dan panen di Sambas.

"Presiden punya semangat Indonesia Sentris. Artinya, setiap anak bangsa, di sudut negeri mana pun harus merasakan kehadiran negara. Untuk itulah kami hadir disini," kata dia.

Harvick menegaskan sangat mendukung rencana Pemkab Sambas untuk menjadikan wilayah itu sebagai lumbung padi. "Saya juga menyambut baik, support, atas kesungguhan pemuda tani setempat untuk mengembangkan pertanian. Sektor ini sangat potensial dan insyaallah punya masa depan yang cerah," pungkasnya. (RO/J-2)

 

Baca Juga

dok.ant

Pemkab Wonosobo Targetkan Awal 2022 Capai 100% Vaksinasi Covid-19

👤Tosiani 🕔Selasa 30 November 2021, 16:35 WIB
PEMKAB Wonosobo mengoptimalkan vaksinasi covid-19 hingga mencapai angka 100 persen pada awal tahun 2022...
MI/Widjajadi

BC Surakarta Musnahkan Rokok dan Miras Ilegal Senilai Rp1,2 Miliar

👤Widjajadi 🕔Selasa 30 November 2021, 16:29 WIB
BEA Cukai (BC) Surakarta musnahkan jutaan batang rokok tanpa cukai dan ribuan botol minuman keras ilegal yang merugikan negara lebih dari...
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Dinsos Sulsel Juga Bantah Tudingan Mensos terkait ASN Terima Bansos

👤Lina Herlina 🕔Selasa 30 November 2021, 15:42 WIB
Namun setelah dilakukan validasi ke lokasi, mereka tidak pernah mendapatkan bansos dari Kemensos...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya