Rabu 18 Agustus 2021, 12:44 WIB

Tim Ekspedisi Meratus Sukses Mendaki di Gunung Hauk

Denny Susanto | Nusantara
Tim Ekspedisi Meratus Sukses Mendaki di Gunung Hauk

MI/Denny Susanto
Tim Ekspedisi Meratus melakukan pendakian ke puncak Gunung Hauk, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Selasa (17/8/2021)

 

UDARA dingin tidak mengurangi kekhidmatan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan RI ke 76 di puncak Gunung Hauk, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan oleh Tim Ekspedisi Meratus.

Di masa pandemi covid 19 dan kebijakan PPKM, sebagian besar tempat wisata dan gunung-gunung yang kerap dijadikan lokasi peringatan HUT RI oleh para pecinta alam ditutup. Termasuk Gunung Halau-halau dan Gunung Kahung. Gunung Hauk menjadi satu-satunya yang pendakiannya dibuka namun dengan jumlah terbatas.

Sebanyak 20 orang anggota Tim Ekspedisi Meratus terdiri dari jurnalis, relawan dan pecinta alam melakukan pendakian Merah Putih, pada 15 Agustus 2021. Pendakian Gunung Hauk 1325 mdpl mengambil jalur melalui Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi dengan dipandu penduduk lokal Suku Dayak Pitap.

Pendakian Gunung Hauk dapat dilakukan melalui tiga jalur. Jalur Desa Ajung yang berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Paringin, ibukota Kabupaten Balangan merupakan jalur terpendek.

"Dibandingkan track pendakian ke Gunung Halau Halau atau Gunung Kahung, pendakian ke puncak Gunung Hauk tidak terlalu berat," tutur Yandi, anggota Tim Ekspedisi Meratus.

Pendakian Merah Putih ke puncak Gunung Hauk ini sekaligus menandai berakhirnya Ekspedisi Meratus 2021 yang mulai digelar sejak Juni 2021 lalu. Gunung Hauk merupakan puncak gunung tertinggi kedua setelah Gunung Halau Halau 1.890 mdpl.

Seperti keberadaan gunung lainnya yang ada di kawasan Pegunungan Meratus, Gunung Hauk dan kawasan belantaranya juga dianggap keramat oleh warga Suku Dayak Pitap. Beberapa lokasi di dalam hutan dan puncak gunung dijadikan tempat ritual atau upacara adat. Adapula mitos bahwa rute ke puncak selalu diguyur hujan meski saat kemarau.

Desa Wisata Ajung

Gunung Hauk berada di wilayah Desa Ajung yang merupakan salah satu desa wisata di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan. Desa ini dapat dijangkau sekitar 1-2 jam dari ibukota kabupaten melalui kondisi jalan yang cukup baik dengan rute menyusuri lereng pegunungan Meratus.

Wisata Desa Ajung dikelola Pokdarwis Karang Bintang. Pendakian ke puncak Gunung Hauk dikenakan biaya registrasi dan parkir Rp20 ribu perorang. Sedangkan wisata lain berupa Wisata Batu Ajung yang ada di Dusun Nanai dikenakan biaya parkir Rp5 ribu untuk sepeda motor dan Rp10 ribu untuk roda empat.

"Setelah sempat ditutup karena pandemi covid 19, sejak Juli lalu pendakian dan wisata di Desa Ajung dibuka dengan upacara adat Tapung Tawar," tutur Satina, pengurus Pokdarwis Karang Bintang, Desa Ajung.

baca juga: Pegunungan Meratus

Wisata Batu Ajung berupa gugusan bebatuan besar yang berada di tengah sungai dengan pemandangan alam hutan, jembatan gantung dan puncak Gunung Hauk. Lokasi ini kerap menjadi lokasi berkemah wisatawan dan merupakan titik awal pendakian.

Balai Adat Desa Ajung juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pada waktu-waktu tertentu balai adat ini menggelar ritual atau upacara adat Suku Dayak Pitap yaitu Aruh Ganal. Ritual ini dihadiri tidak hanya warga suku dayak dari balai adat lain di Pegunungan Meratus tetapi juga wisatawan dalam dan luar daerah. (N-1)

 

Baca Juga

dok.humas

Ganjar Pranowo Terima Curhatan Kades-Petani Tembakau di Lampung

👤Haryanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:36 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertemu dengan petani tembakau dan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)...
MI/Adam Dwi

Beasiswa OSC Medcom.id Jembatan Raih Pendidikan Berkualitas

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:25 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id menjadi jembatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk meraih pendidikan...
DOK Sicepat.

Cegah Tsunami, Puluhan Ribu Pohon Ditanam pada Pantai Pangandaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:34 WIB
Kegiatan tersebut akan sangat mendukung berbagai ekosistem di wilayah hutan pantai Karang Tirta. Hal ini akan menjadi benteng pertahanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya