Minggu 15 Agustus 2021, 07:11 WIB

209 Warga Buleleng Dievakuasi ke Tempat Isoter

Arnoldus Dhae | Nusantara
209 Warga Buleleng Dievakuasi ke Tempat Isoter

ANTARA FOTO/Irfan Anshori
Ilustrasi isolasi terpadu

 

SEBANYAK 209 orang pasien covid-19 di Kabupaten Buleleng, Bali, yang menjalani isolasi mandiri (isoman) dipindahkan ke tempat isolasi terpusat (isoter). Pemindahan ini dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Buleleng mulai Sabtu (14/8) malam hingga Minggu (15/8) pagi. Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng yang didominasi oleh aparat TNI dan Polri mengevakusi warga yang selama ini melakukan isoman.

Wakil Bupati yang juga Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng I Nyoman Sutjidra membenarkan proses evakuasi besar-besaran terhadap warga yang selama ini sedang melakukan Isoman. Pendekatannya tetap humanis, ramah, warga diberikan pemahaman lebih mudah melakukan kontrol kalau berada di lokasi Isoter.

"Pemindahan dilakukan guna memutus rantai penyebaran covid-19 khususnya pada klaster keluarga. Dengan pengalaman satu bulan penyelenggaraan isoter, membuahkan hasil yang sangat baik. Selama ini, pasien covid-19 yang menjalani isoter mengalami kesembuhan yang sangat signifikan," kata Nyoman Sutjidra.

Dengan kata lain, ia menyebut pasien yang selama ini melakukan isoter tidak ada yang tidak sembuh atau meninggal dunia.

Pergeseran penyikapan ini dilakukan juga karena pasien covid-19 yang menjalani isoman tidak dapat dijamin untuk melakukan isolasi secara disiplin. Sehingga, perlu untuk dipindahkan ke tempat isoter. Isoter yang dilakukan Buleleng selama ini sudah terbukti dan dijadikan contoh untuk kabupaten/kota lainnya di Bali. Hal ini dikarenakan satu-satunya kabupaten yang bisa memobilisasi sampai 600 pasien lebih di tempat isoter adalah Buleleng.

Sejauh ini, masih ada 209 pasien dari sembilan kecamatan yang harus dipindahkan ke tempat isoter. Jumlah tersebut masih di bawah ketersediaan tempat tidur yang mencapai 270 buah.

"Kita targetkan hari ini semua isoman digeser ke isoter kabupaten," ucap Sutjidra.

Baca juga: Ratusan OTG-GR di Buleleng Dipindahkan ke Isolasi Terpusat di Hotel

Sutjidra mengungkapkan pada proses pergeseran isoman ke isoter, Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng melibatkan personel dari TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Pada saat penjemputan, Satgas Penangan Covid-19 sudah menyiapkan dua bus, lima minibus dan didukung dari kendaraan Kodim 1609/Buleleng serta kendaraan dari Polres Buleleng.

"Kita harus selesaikan semua Isoman untuk diangkut ke Isoter. Para personel sudah mulai bergerak. Diperkirakan Pukul 13.00 WITA sudah berada di masing-masing desa di seluruh Buleleng. Dengan ini, kemungkinan hari ini sudah ada kepastian," ungkap dia.

Seandainya ada salah satu isoman yang menolak untuk digeser ke Isoter, menurut Wakil Bupati Buleleng, sesuai hasil rapat koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 bersama aparat desa maupun Desa Adat akan ada diskresi, tidak semua yang melakukan Isoman digeser ke Isoter. Seperti apa yang sudah dilaporkan, ada ibu yang baru melahirkan terkonfirmasi covid-19. Itu akan menjadi tanggung jawab desa.

"Selain itu juga ada pasien yang hidup sebatang kara mungkin kita diskresikan dengan catatan desa dan desa adat betul-betul bertanggung jawab. Ada juga tenaga kesehatan (nakes) yang mengawasi," urai Sutjidra.

Selain alasan tersebut, maka semua akan dievakuasi ke Isoter.(OL-5)

Baca Juga

MI/Wibowo Sangkala

Karang Taruna Banten Lirik Peluang Usaha

👤Wibowo Sangkala 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 22:00 WIB
Karang Taruna Banten berusaha menjadi akselerator dari sisi akses penunjang bagi kelancaran usaha para anggota Karang Taruna yang...
MI/CRI CANON RIA DEWI

Sinergi BUMN dan BUM-Des Percepat Pemulihan Ekonomi di Lampung

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:10 WIB
Pemprov Lampung terus membuat terobosan baru berupa program-program unggulan yang bersinergi dengan BUM-Des dan Desa...
MI/YOSE HENDRA

PT Pangansari Utama Saling Sinergi Kembangkan Nasi Padang Instan

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:08 WIB
Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat Efendi melihat peluncuran Nasi Padang Instan merupakan wujud implementasi masa depan pangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya