Senin 02 Agustus 2021, 08:02 WIB

Ratusan Pasien Covid-19 Klaten Dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan

Djoko Sardjono | Nusantara
Ratusan Pasien Covid-19 Klaten Dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan

MI/Djoko Sardjono
Proses evakuasi warga terkonfirmasi positif covid-19 ke Asrama Haji Donohudan di GOR Klaten.

 

RATUSAN warga terkonfirmasi positif covid-19 asal Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dievakuasi ke tempat isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Evakuasi warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan ke Asrama Haji Donohudan itu merupakan pelaksanaan manajemen kontijensi di Klaten.

Kapolres Klaten AKB Eko Prasetyo mengatakan, dalam 10 hari ini, tercatat 216 warga terkonfirmasi positif covid-19 yang sudah dievakuasi ke Donohudan.

Baca juga: Pandemi Buat Minat Kursus Menjahit Kalangan Muda di Sikka Meningkat

"Evakuasi dilakukan sejak Jumat (23/7) lalu. Total sudah 216 orang," katanya di sela-sela proses evakuasi 48 orang ke Donohudan di GOR Klaten, Minggu (1/8).

Sebanyak 48 orang yang dievakuasi ke Donohudan adalah warga dari berbagai wilayah di Kabupaten Klaten. Sebelumnya, mereka menjalani isolasi mandiri di rumah.

Menurut Eko Prasetyo, proses evakuasi melibatkan aparat gabungan Polda Jateng, Kodam IV Diponegoro, Polres dan Kodim Klaten, serta Pemkab Klaten.

"Kali ini, kita evakuasi 48 orang. Mereka diberangkatkan ke Donohudan  dengan menggunakan tiga bus Brimob dan dikawal aparat TNI-Polri," imbuhnya.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, dari 216 OTG yang dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, 47 orang sudah sembuh dan diizinkan pulang.

Ke-47 warga yang sudah sembuh setelah menjalani isolasi itu langsung dijemput dan diantar ke rumah masing-masing oleh petugas gabungan.

"OTG yang menjalani isolasi mandiri di rumah akan dievakuasi ke tempat  isolasi terpusat. Ini untuk mencegah munculnya klaster keluarga," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres berpesan kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun.

"Kami juga mengharapkan masyarakat mendukung dan mematuhi kebijakan PPKM Level IV. Ini demi kesehatan dan keselamatan kita semua," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

dok.ist

Sahabat Lamongan Optimis Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

👤mediandonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:40 WIB
RATUSAN relawan Sahabat Sandi memberikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada pilpres...
dok.Humas Pemprov Jateng

Tips Ganjar Pranowo Cegah Korupsi dan Pungli di Jawa Tengah

👤Haryanto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 08:05 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyebut perilaku korup bisa dilakukan siapa saja. Ganjar menilai, korupsi bisa dicegah dengan...
MI/Voucke Lontaan

Polda Sulut Tangkap Dua Warga Terduga Penyelundup 8 Senjata Api

👤Voucke Lontaan 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 06:55 WIB
KEPOLISIAN Daerah Sulawesi Utara, menangkap dua pria berinisial, OM, 18, dan FM, 22, warga Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya