Rabu 28 Juli 2021, 17:40 WIB

Sri Sultan Berharap Ekonomi DIY Tumbuh Positif

Ardi Teristi | Nusantara
Sri Sultan Berharap Ekonomi DIY Tumbuh Positif

MI/Ardi T
Gubenur DIY Sri Sultan HB X.

 

GUBERNUR DIY Sri Sultan HB X berharap ekonomi DIY bisa tetap tumbuh di tengah pandemi Covid-19. 

"Kita dorong kabupaten/kota konsisten bisa cepat menyalurkan BLT-nya. Dengan harapan uang makin banyak keluar ke masyarakat makin bagus, jangan ditunda-tunda, agar pertumbuhan (ekonomi) itu tetap ada,'' terang Sri Sultan usai menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pembangunan Daerah Triwulan II Tahun 2021 secara daring, Rabu (28/7), di Komplek Kepatihan.

Sri Sultan mengatakan bahwa menurut data Bank Indonesia perwakilan DIY, perekonomian DIY diprediksi masih akan tumbuh antara 4,5-5,3% di triwulan II tahun 2021 ini. Sedangkan di triwulan I 2021, ekonomi DIY tumbuh 6,14%.

Sri Sultan pun mengajak semua pihak mengupayakan efektivitas vaksinasi sebagai pemicu perubahan keadaan. Ia tegaskan, tidak ada dikotomi untuk membenturkan pemulihan kesehatan atau kondisi ekonomi. Kedua aspek tersebut harus berjalan beriringan.

Sri Sultan menambahkan, vaksinasi dan penegakan protokol kesehatan harus dapat dilakukan maksimal. Dengan itu, ekspektasi positif untuk beraktivitas dan masyarakat kembali produktif.

Para ASN DIY diingatkan untuk bekerja detail, mengenali dinamika pelaksanaan kebijakan di lapangan, dan mengupayakan kegiatan pembangunan tersampaikan manfaatnya kepada masyarakat, bukan hanya berhenti pada selesainya output semata. ''Birokrasi harus merespon dengan cepat kondisi ini. Jelas, kita membutuhkan organisasi yang agile atau cergas--cepat dan tangkas,'' imbuh Sri Sultan.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Miyono memaparkan, strategi pemulihan pariwisata di DIY sangat penting. Pasalnya, sektor pariwisata merupakan sektor penting di DIY.

Sektor pariwisata, nilai dia, menyumbang sekitar 8,8% bagi perekonomian DIY. Sedangkan sektor pendukung pariwisata menyumbang hingga 45,2% bagi perekonomian DIY.

''Pemulihan pariwisata DIY bisa dilakukan dengan melakukan inovasi, baik di sektor kelembagaannya, produk, proses, maupun pemasaran," kata dia. Pemulihan pariwisata di DIY juga bertujuan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi nasional dengan target turut serta dalam pemulihan pariwisata Indonesia. (AT/OL-10)

Baca Juga

Antara

Kemenhub Tingkatkan Konektivitas di Kabupaten Asmat

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 26 September 2021, 19:45 WIB
Peningkatan infrastruktur transportasi di Asmat dilakukan secara keseluruhan. Mengingat, ada Bandara Ewer hingga Pelabuhan Agats di...
MI/A Yakub

Perempuan Jenggala Gelar Vaksinasi Covid-19 di Gresik

👤Akhmad Yakub 🕔Minggu 26 September 2021, 19:07 WIB
VAKSINASI Covid-19 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur menjadi vaksinasi ke-9 dari rangkaian program vaksinasi Jelajah...
ANTARA/Nyoman Budhiana

Wagub: Bali Siap Sambut Kedatangan Wisatawan Mancanegara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 17:30 WIB
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menegaskan daerah setempat sudah siap menyambut kedatangan wisatawan mancanegara,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya