Rabu 28 Juli 2021, 09:46 WIB

Ketua BNPB Minta Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Terpusat

Agus Utantoro | Nusantara
Ketua BNPB Minta Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Terpusat

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Petugas menyiapkan fasilitas untuk isolasi pasien covid-19 di Rusun ASN BBWS Serayu Opak, Sleman, DI Yogyakarta.

 

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito mengatakan tingginya angka kematian penderita covid-19 di suatu daerah, biasanya terjadi karena kurang cepatnya penanganan pasien.

Karena itu, ia berharap agar warga yang terkonfirmasi positif  covid-19 melakukan isolasi terpusat (isoter) di shelter covid 19 yang sudah disediakan.

Hal itu disampaikan Ganip, Selasa (27/7) sore, di sela-sela melakukan peninjauan Posko PPKM Darurat Wedomartani dan Rusunawa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang juga akan dijadikan shelter isolasi pasien covid-19. Rusunawa UNY ini juga terletak di Wedomartani, Ngemplak.

Baca juga: Warga Cilegon yang Isoman dan Nakes Dapat Produk Herbal

Peninjauan tersebut guna memastikan keterlengkapan fasilitas isolasi bagi pasien covid-19 bergejala ringan di posko dan shelter tersebut.

"Fasilitas shelter isolasi bagi pasien covid-19 yang bergejala ringan sudah sangat siap dan mumpuni," kata Ganip.

Dikatakan, selain mengurangi risiko kematian, isolasi di shelter juga dimaksudkan untuk mengurangi dampak risiko penularan.

Dengan melakukan isolasi di shelter-shelter yang ada, ujarnya, pasien akan ditangani secara langsung oleh tenaga medis,

Dia menegaskan menangani pandemi covid-19 ini diperlukan kerja sama multipihak guna mengantisipasi lonjakan penyebaran virus covid-19.

Dalam kunjungan itu, Ganip juga menyerahkan langsung bantuan berupa masker, hand sanitizer, sabun dan suplemen vitamin bagi petugas di Posko PPKM Wedomartani.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan penyediaan tempat isolasi terpusat ini adalah bagian dari upaya Pemkab Sleman untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19.

Bupati mendorong tiap kelurahan di Kabupaten Sleman untuk mengaktifkan selter dan posko PPKM darurat dengan sarana prasarana dan SDM yang didukung relawan, Babinsa, dan Babinkamtibmas.

"Sehingga, apabila terdapat kasus dapat langsung ditangani serta dapat menekan angka penyebaran di tingkat kelurahan," jelasnya. (OL-1)

Baca Juga

Antara

300 Pelajar di Kalimantan Tengah Diam-Diam Menikah saat Sekolah Daring

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 12:45 WIB
Gubernur Kalimanan Tengah Sugianto Sabran mengaku tidak pernah mengira kebijakan pembelajaran daring berdampak pernikahan dini kalangan...
MI/Solmi.

Syarif Fasha Siap Besarkan NasDem di Jambi

👤Solmi 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 12:05 WIB
Di hadapan Gubernur Jambi H. Al Haris yang turut hadir, Syarif Fasha dengan lantang mengisahkan dirinya kepincut bergabung dengan...
DOK PEMPROV JATENG

Di Hari Santri Nasional, Ganjar Harap Semua Teladani Perjuangan Para Santri

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 11:21 WIB
Kepada para santri di seluruh Indonesia, Ganjar berharap semakin mengikuti perkembangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya