Rabu 28 Juli 2021, 08:50 WIB

Ganjar Ingatkan Para Kades dan Bidan Jangan Lupakan Masalah Stunting

mediaindonesia.com | Nusantara
Ganjar Ingatkan Para Kades dan Bidan Jangan Lupakan Masalah Stunting

Ist
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memimpin Rembug Desa Penanganan Covid-19 dan PPKM Level 4 di Karanganyar, Jateng.

 

GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengingatkan para kepala desa (kades) dan bidan untuk mengontrol kesehatan ibu hamil yang ada di desanya. Jangan sampai, potensi stunting terlupakan karena fokus pada pandemi.

Pernyataan tersebut disampaikan Ganjar saat memimpin rapat koordinasi ‘Rembug Desa’ secara virtual dengan para Kades se-Kabupaten Karanganyar, Bupati Karanganyar Juliyatmono, dan Satgas Covid-19, Selasa (27/7).

Dalam rapat koordinasi, Ganjar juga bertanya soal penanganan pada warga yang isolasi mandiri. “Mereka yang isolasi rata-rata masih bisa dibantu oleh mereka, ada dana desa, ada dari masyarakat itu di Jogo Tonggo," kata Ganjar.

"Di sini tuh ada Pagar Mangkok, ini yang khas Karanganyar, mereka memberikan bantuan. Maka insyaallah itu aman, dana desanya juga berjalan,” tegasnya.

Kemudian, Ganjar melempar pertanyaan soal kendala apa yang paling sering ditemui para kades di masyarakat. Kebanyakan, kata Ganjar, para kades mendapat keluhan dari warga soal hajatan.

“Maka ini kita minta, ada sosialisasi kepada mereka. Ya boleh, umpama mau menikah ya sudah ijab qobul saja pestanya nanti. Ini penting untuk disampaikan kepada mereka,” kata Ganjar.

Masukan lainnya diterima Ganjar dari para bidan yakni soal pengawasan pada ibu hamil. Ganjar mengatakan hal ini juga harus menjadi perhatiannya. Di setiap acara Rembug Desa, dia selalu menanyakannya pada para kades.

Jangan sampai, lanjut Ganjar, fokus terhadap penanganan pandemi justru melupakan kontrol terhadap potensi-potensi stunting dari ibu hamil tidak terdeteksi.

“Dan rata-rata selalu ada dari sekian ibu hamil punya masalah kandungan. Nah ini saya minta kepada mereka untuk melakukan kontrol itu. apakah biasanya masalah anemia, ada kelainan di kandungan atau masalah kesehatan,” ujarnya.

Call Center disosialisasikan

Di kesempatan itu, Ganjar sempat mendapat laporan dari salah satu desa di perbatasan yang salah satu warganya positif Covid-19 dan dirawat di rumah sakit luar kabupaten Karanganyar. Nyawanya tak tertolong, namun jenazah tak bisa dibawa pulang karena dari kebijakan rumah sakit yang tak mau mengantar.

“Nah ternyata dari Karanganyar sudah menyiapkan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), itulah kenapa tadi dinas kesehatan saya ngelihat call center. Kalau call center-nya bisa 24 jam maka seluruh pertanyaan masyarakat akan bisa dijawab,” katanya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono yang turut mendampingi saat acara, juga sempat menjawab langsung laporan itu agar kades bisa mengontak langsung pada dirinya. Kesigapan ini mendapat apresiasi Ganjar dan berharap ditiru kepala daerah lainnya.

“Nah gitu lho, kalau seluruh nantinya kabupaten kota bupatinya wali kotanya menjawab langsung maka itu akan memberikan kepastian, kepada warga yang punya masalah sehingga bisa dibantu,” tandasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. Ist

Kembangkan Sektor Pertanian, Pemkab Morowali Utara Gandeng IPB

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 21 September 2021, 16:08 WIB
Kerja sama Pemerintah Kabupaten Morowali Utara dengan IPB University resmi...
MI/HERI SUSETYO

Sebanyak 3.500 PKL dan Warung Terdampak Covid-19 di Sidoarjo Dapat Bantuan Tunai

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 21 September 2021, 14:25 WIB
Kapolresta Sidoarjo Komisaris Besar Kusumo Wahyu Bintoro memastikan penyaluran bantuan tunai tersebut tepat...
dok/polda kalteng

Percepat Vaksinasi Covid-19, Polda Kalteng Kembali Targetkan 1.500 Dosis Untuk Mahasiswa dan Masyarakat

👤Surya Sriyanti 🕔Selasa 21 September 2021, 14:20 WIB
Vaksinasi ini dapat mempercepat terbentuknya herd immunity di masyarakat guna memutus mata rantai penyebaran...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Awas Banjir Mengancam Kota Jakarta

KEKHAWATIRAN selalu menyelimuti sebagian warga Provinsi DKI Jakarta jika musim hujan kembali datang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya