Sabtu 24 Juli 2021, 05:52 WIB

Bupati Klaten Minta Keterisian Tempat Isolasi Terpusat Dimaksimalkan

Djoko Sardjono | Nusantara
Bupati Klaten Minta Keterisian Tempat Isolasi Terpusat Dimaksimalkan

MI/Djoko Sardjono
Bupati Sri Mulyani bersama Kapolres dan Dandim Klaten saat meninjau tempat isolasi terpusat di GOR Gelarsena Klaten.

 

BUPATI Klaten Sri Mulyani menegaskan pemerintah kabupaten akan memaksimalkan tingkat keterisian fasilitas isolasi terpusat di Klaten. Untuk itu, masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan akan dievakuasi ke tempat isolasi terpusat tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Sri Mulyani dalam kunjungannya bersama Kapolres AKB Edy Suranta Sitepu dan Dandim 0723 Klaten Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo di Gelanggang Olahraga (GOR) Gelarsena Klaten yang difungsikan sebagai tempat isolasi terpusat, Jumat (23/7).

"Mulai hari ini, Pemkab Klaten akan mengoptimalkan fungsi isolasi terpusat, seperti GOR Gelarsena. Masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan akan dilakukan penjemputan untuk dievakuasi ke fasilitas isolasi terpusat," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Tuban Gencarkan 3T

Menurut Sri Mulyani, masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan dievakuasi ke tempat/fasilitas isolasi terpusat itu dengan harapan dapat memutus mata rantai penyebaran virus korona di Klaten, terutama yang berasal dari klaster keluarga.

Dengan penerapan fasilitas isolasi terpusat, lanjutnya, pemerintah daerah, dalam hal ini tenaga medis Dinas Kesehatan Klaten, dapat secara langsung memantau kondisi kesehatan masyarakat (pasien) yang tengah menjalani perawatan dan sekaligus memastikan asupan nutrisi.

Pasien yang dirawat di fasilitas isolasi terpusat akan mendapat bantuan logistik, antara lain vitamin, obat-obatan, serta makanan. Juga pengawasan penuh 24 jam dari tenaga kesehatan. Kemudian, pasien yang telah menjalani isolasi selama tujuh hari akan dilakukan tes PCR.

Masih dalam upaya memaksimalkan tingkat keterisian fasilitas isolasi terpusat, Bupati Sri Mulyani juga telah meminta tiap kecamatan untuk mengirimkan pasien terkonfirmasi positif covid-19 tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan ke tempat isolasi terpusat di Klaten.

Penjemputan masyarakat dengan status OTG atau bergejala ringan akan berlanjut hingga tingkat keterisian fasilitas isolasi terpusat di Klaten bisa maksimal.

Selain itu, sosialisasi dan edukasi terkait PPKM level 4  dan protokol kesehatan juga akan terus digencarkan.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres AKB Edy Suranta Sitepu menyatakan pihaknya telah menyiapkan sekitar 500 personel yang terdiri dari 2 SSK Brimob dan Polda Jateng untuk mendukung kegiatan yang terkait penanganan covid-19 di Klaten.

"Polres juga menyiapkan unit untuk evakuasi, penertiban keliling, dan  penyemprotan disinfektan daerah zona merah. Mengingat jumlah akumulatif
kasus positif di Klaten di angka 4.000, isolasi terpusat menjadi salah satu solusi efektif dalam penanganan covid-19 di Klaten," ungkapnya.

Senada dikemukakan Dandim 0723 Klaten Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, seraya menambahkan untuk membantu pelaksanaan PPKM level 4 di Klaten, ada tambahan satu kompi TNI.

Mereka nanti akan membantu proses  evakuasi dari isolasi mandiri di rumah ke isolasi terpusat. (OL-1)

Baca Juga

MI/Panca

NasDem Buka Posko Pengaduan Kekerasan Seksual di Jateng

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 18 Januari 2022, 13:10 WIB
 PARTAI NasDem Jawa Tengah siap mengaktifkkan posko pengaduan kekerasan seksual dan akan turun...
MI/Tosiani

Longsor dan Angin Ribut Kembali Mengusik Temanggung

👤Tosiani 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:45 WIB
BENCANA tanah longsor kembali terjadi di dua lokasi wilayah Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa...
MI/Lilik Darmawan

Ada 1.337 Anak Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Taman Kota Purwokerto

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:35 WIB
TERCATAT ada 1.337 anak usia 6-11 tahun di Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mengikuti vaksinasi massal Binda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya