Rabu 30 Juni 2021, 20:26 WIB

Napi Lapas di Mojokerto Produksi Sepatu Tactical Bernilai Jual

Ghani Nurcahyadi | Nusantara
Napi Lapas di Mojokerto Produksi Sepatu Tactical Bernilai Jual

Dok. Lapas Kelas IIB Mojokerto
Sepatu karya warga binaan Lapas Klas IIB Moojokerto

 

LEMBAGA Pemasyarakatan Klas IIB Mojokerto, Jawa Timur kembali melanjutkan program kerja unggulannya untuk menambah keterampilan bagi para warga binaan. Pembuatan sepatu taktis (tactical) dilakukan 30 narapidana di sebuah bengkel dalam lapas untuk dapat dipasarkan ke masyarakat.

Kepala Lapas Klas IIB Mojokerto Dedy Cahyadi mengatakan, kegiatan produksi alas kaki, baik itu sandal maupun sepatu dalam berbagai jenis telah berjalan sejak beberapa tahun lalu dengan merek LaMoker. Namun sepatu jenis outdoor terutama tactical dipilih menyesuaikan pelatihan terakhir yang didapat napi dan bahan baku yang disediakan.

"Sepatu tactical karya teman-teman nantinya akan kami pasarkan ke pengunjung selama jam pelayanan, pegawai di dalam lapas dan sebagian di situs e-commerce. Kami mematok harga Rp100 ribu sampai Rp300 ribu karena dari kualitas sudah teruji nyaman dipakai," ujar Kalapas Dedy dalam keterangannya..

Kegiatan produksi sepatu tactical sendiri adalah bagian dari Bintorwasdal (Pembinaan, Monitoring, Pengawasan, dan Pengendalian) Lapas Mojokerto yang memakan waktu total tujuh hari pengerjaan. Dedy menambahkan, warga binaan yang mengikuti kegiatan ini akan mendapat reward berupa premi atau upah atas penjualan produk. 

Baca juga : Petani OKI Binaan PT BAP Garap Pertanian Organik

"Mereka tidak bisa maksimal karena selama pandemi harus bergantian sesuai shift-nya," katanya.

Disiplin protokol kesehatan saat melakukan kegiatan bimbingan kerja menjadi prioritas Lapas Mojokerto dengan harapan program ini dapat tercapai dengan maksimal. Dedy juga menghimbau agar warga binaannya proaktif selama menimba ilmu agar bisa mandiri di kemudian hari.

"Inovasi program pelatihan terus kami lakukan dengan harapan warga binaan dari Lapas Mojokerto dapat lebih mandiri dan produktif ketika bebas nanti," pungkas Dedy. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Kiai Nurul Huda Ploso Akan Hadiri Istighasah Perdamaian Dunia di Surabaya

👤Widhoroso 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:38 WIB
PENGASUH Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur, KH Nurul Huda Djazuli dipastikan hadir dalam acara doa bersama untuk...
Antara/Bagus Suryo

Widodo Terpilih Jadi Rektor Universitas Brawijaya 2022-2027 

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:45 WIB
Widodo terpilih menjadi rektor mengungguli dua calon kuat lainnya, yaitu Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Imam Santoso dan Dekan Fakultas...
Antara/Bayu Pratama S

Petani Di Bangka Berharap Harga TBS Kembali Naik, Harga Masih Rp1.800/Kg 

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:30 WIB
"Kita pernah mengalami harga sawit itu Rp1.200/kg, saat ini sulit sekali mengharapkan keutungan kalau ada pun sangat minim,"...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya