Jumat 18 Juni 2021, 14:55 WIB

Pemasaran Produk Bumdes di Lembata Sudah via Aplikasi

Alexander P. Taum | Nusantara
Pemasaran Produk Bumdes di Lembata Sudah via Aplikasi

MI/Alexander P Taum
Menkominfo RI, Johny G. Plate, Menkomarinvest Luhut Panjaitan dan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat meluncurkan aplikasi pemasaran Bumd

 

PEMERINTAH terus memacu pertumbuhan ekonomi dengan mengoptimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Tujuannya agar ekonomi di desa bergerak dan tumbuh mensejahterakan masyarakat desa.

Melalui kegiatan bertajuk Kilau Digital Permata Flobamora, Bangga Buatan Indonesia, Jumat (18/6), Kementerian Kominfo bersama Pemerintah Provinsi NTT meluncurkan kegiatan Virtual ekspo Flobamora, Lounching aplikasi JP hub Pariwisata melalui penayangan Video, Lounching Desa Adat dari Bank Indonesia, lounching pemanfaatan toko online BUMDES dan UMKM lokal NTT melalui experience belanja melalui toko online.

Kegiatan berlangsung di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Kabupaten Mangarai Barat, dihadiri Menkominfo RI, Johny G. Plate, Menkomarinvest Luhut Binsar Panjaitan dan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Dalam kesempatan lounching pemanfaatan toko online BUMDES dan UMKM lokal NTT melalui experience belanja melalui toko online, Menkominfo bersama Gubernur Laiskodat meluncurkan dua aplikasi bumdesmart.id milik Desa Hadakewa dari Kabupaten Lembata dan Desa Detusoko Barat dari Kabupaten Ende.

Kepala Desa Hadakewa, Klemens Kewaaman menjelaskan, pihaknya adalah keterwakilan Bumdes yang ikut program bumdesmart dari bakti kominfo.

"Di aplikasi hadakewa.bumdesmart.id, terdapat tiga fitur yakni pantai Hadakewa, kafe 7 maret dan Teri Hadakewa. Melalui aplikasi ini, siapapun dapat mengkses produk kami melalui BUMDES Hadakewa dan silahkan bertransaksi melalui aplikasi itu," ujar Klemens Kewaaman.

Di Desa Hadakewa, BUMDES setempat telah menata keindahan Panti Hadakewa, surga berlibur bagi pribadi dan keluarga, Bumdes setempat pun telah membangun 7 Maret Cafe, yang menyajikan aneka masakan sea food segar.

Selain itu, Bumdes setempat telah memproduksi Ikan Teri Hadakewa sebagai oleh-oleh khas desa setempat. Kini anda boleh bertransaksi dengan mengklik hadakewa.bumdesmart.id. (OL-13)

Baca Juga: Masa Jabatan Presiden Cukup Dua Periode

Baca Juga

Ilustrasi

DIY Siapkan Rp22,6 miliar untuk 392 Kelurahan

👤Ardi T 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 21:00 WIB
Pemerintah Daerah Istimewa Yohyakarta (DIY) siapkan Dana Keistimewaan atau Danais Rp 22.6 miliar yang akan dialokasikan untuk 392 kelurahan...
MI/Ruta Suryana

Gratis, 1000 Nasi Bungkus per Hari di Kota Denpasar

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:38 WIB
"Karena ada PPKM level 4 dan kasyarakat sangat membutuhkan bantuan maka kami aktifkan lagi dapur umum ini," kata Wali Kota, Jaya...
ANTARA

Rumah Sehat di Surabaya Dimanfaatkan buat Isoman

👤Faishol Taselan 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 14:52 WIB
saat ini setidaknya ada 6 rumah sehat yang sudah mulai dimanfaatkan oleh warga. Salah satunya berada di SDN Tambaksari III dan SMPN 29...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya