Selasa 15 Juni 2021, 07:02 WIB

Kasus Covid-19 di Purwakarta Naik dari 2 Desa dan Klaster Industri

Reza Sunarya | Nusantara
Kasus Covid-19 di Purwakarta Naik dari 2 Desa dan Klaster Industri

MI/Reza Sunarya
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan Dandim 0619 Purwakarta melakukan rakor terkait naiknya kasus.covid 19

 

KABUPATEN Purwakarta, Jawa Barat, terus mengalami peningkatan kasus covid-19 pada dua minggu pasca-lebaran. Penyebabnya dari dua desa dan klaster industri.

Menurut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, wilayah Kabupaten Purwakarta masih termasuk ke dalam zona orange (risiko sedang), namun penambahan angka yang terkonfirmasi positif sangat signifikan.

"Berdasarkan zonasi covid-19 Kabupaten Purwakarta, Kecamatan Pasawahan memiliki dua desa yang termasuk ke dalam zona merah yakni Desa Lebakanyar dan Margasari. Selain itu, di Kecamatan Babakan Cikao juga terdapat desa yang memiliki zona orange yaitu Desa Cicadas," kata Anne Ratna Mustika ditemui usai rakor forkopimda di aula Janaka, Senin (14/6) malam.

Selain itu, Anne menyebut dalam dua pekan terakhir ini, klaster perusahaan yang menempati angka paling tinggi di antaranya PT. South Pasific Viscose, PT. Indo Bharat dan PT. Hino.

"Ini menunjukkan lonjakan yang luar biasa, terutama di klaster industri. Karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah yang komprehensif oleh semua pihak dan dalam jangka waktu panjang," ungkap Anne.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Purwakarta Evaluasi Penerapan PPKM

Dikatakan Anne, hari ini terjadi penambahan angka terkonfirmasi positif cukup banyak, sehingga totalnya sebesar 684 orang.

Dijelaskan Anne, Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam menghadapi lonjakan kasus konfirmasi covid-19 di antaranya penutupan sementara destinasi wisata sampai dengan tanggal 20 Juni 2021, pembatasan jam operasional dan kapasitas meja kursi makan di rumah makan, restoran, kafe dan pertokoan, penutupan sementara fasilitas permainan anak di beberapa lokasi, penundaan perizinan acara resepsi pernikahan, hiburan atau event dan pertemuan besar, penundaan simulasi dan uji coba pembelajaran tatap muka, optimalisasi Bale Panggeuing (PPKM Mikro di RT/RW/Desa/Kelurahan dan posko PPKM Kecamatan.(OL-5)
 

Baca Juga

ANTARA/Fikri Ali

Pemprov Gorontalo Dorong Petani Budidayakan Porang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 22:15 WIB
 Jenis tanaman umbi sebagai sumber karbohidrat dan energi yang sehat pengganti...
AFP/Nhac Nguyen.

Sumsel Terima Vaksin Moderna untuk Vaksinasi Ketiga Tenaga Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 29 Juli 2021, 21:44 WIB
Menurutnya, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien covid-19 membutuhkan imunitas yang...
MI/Agus Utantoro.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Kehabisan Vaksin Covid-19

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 29 Juli 2021, 21:30 WIB
Kasus covid-19 di Kabupaten Sleman saat ini masih fluktuatif. Bahkan, ujarnya, dalam tiga hari terakhir masih mengalami...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya