Sabtu 05 Juni 2021, 05:45 WIB

Kasus Covid-19 Meningkat, Purwakarta Evaluasi Penerapan PPKM

Reza Sunarya | Nusantara
Kasus Covid-19 Meningkat, Purwakarta Evaluasi Penerapan PPKM

MI/Reza Sunarya
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (kiri)

 

PEMBATASAN Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di wilayah Purwakarta, Jawa Barat akan dievaluasi menyusul adanya peningkatan kasus covid-19 pascalebaran. Evaluasi PPKM berskala mikro dilakukan setelah terjadinya peningkatan jumlah kasus covid 19 terutama di Kecamatan Jatiluhur.

"Bersama camat dan beberapa pimpinan perusahaan di Kecamatan Jatiluhur serta beberapa kepala OPD terkait yang tergabung dalam satgas Covid-19 melakukan evaluasi PPKM mikro di Kecamatan Jatiluhur. Karena di wilayah ini menjadi kecamatan kedua yang penyebarannya cukup tinggi di Purwakarta," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di Istora Jatiluhur, Jumat (4/6).

Anne berharap upaya semua komponen masyarakat Purwakarta bisa mengendalikan penyebaran Covid-19 khususnya di Kecamatan Jatiluhur bisa segera teratasi. Anne menyampaikan ada beberapa poin yang telah disampaikan.

"Pertama mengedukasi masyarakat dengan penerapan prokes dengan 5M dan memaksimalkan kinerja tenaga kesehatan di wilayah Jatiluhur yang jumlahnya cukup besar di bawah koordinator dinas kesehatan dan kepala puskesmas juga harus melakukan tracing terhadap warga yang berstatus kontak erat," ungkap  Anne.

Disebutkan Anne, PPKM mikro telah diterapkan mulai dari tingkat kecamatan hingga desa dan di wilayah wilayah desa sudah dibuatkan posko-posko. Bahkan di Kecamatan Jatiluhur, semua desa sudah ada ruang isolasi untuk warga yang berstatus OTG.

Untuk penerapan prokes di perusahaan-perusahaan akan ada pengawasan dari camat langsung bersama satgas kecamatan secara door to door ke setiap perusahaan. Anne juga menegaskan, upaya menegakan protokol kesehatan dan PPKM mikro dimasyarakat harus bisa selalu dikoordinasikan. 

"Pejabat setingkat camat bisa mengingatkan dan terus memantau para kepala desa dan menekankan agar dapat memantau terus tentang perkembangan dan informasi secara intensif," jelas Anne. (OL-15)
 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Ikut Ujian Kompetensi, Siswa LPK Karunia Bunda Siap Terjun di Dunia Kerja

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 23 September 2021, 11:19 WIB
Ada sekitar 40 peserta didik yang mengikuti pelatihan desain grafis yang dilaksanakan selama 38 hari di LKP Karunia...
MI/Djoko Sardjono

TNI/Polri Tingkatkan Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Klaten

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 23 September 2021, 10:50 WIB
Serbuan vaksinasi TNI-Polri, dalam dua pekan terakhir, telah dilaksanakan di 18 Polsek jajaran Polres...
MI/Kristiadi

Guru Positif Covid-19, PTM di SDN Kudang Uyah Masih Ditutup

👤Kristiadi 🕔Kamis 23 September 2021, 10:44 WIB
Pembelajaran di SDN Kudang Uyah, saat ini, belum diizinkan dibuka karena hasil swab yang dilakukannya belum...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya