Selasa 18 Mei 2021, 23:22 WIB

Tahanan Wafat karena Covid-19, Polisi dan Tahanan Di-Swab Antigen

Kristiadi | Nusantara
Tahanan Wafat karena Covid-19, Polisi dan Tahanan Di-Swab Antigen

MI/Kristiadi
Polisi dan tahanan menjalani swab antigen karena ada tahanan yang meninggal akibat positif covid-19.

 

SEORANG tahanan berinisial RH, 50, warga Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/5), meninggal dunia dalam ruang tahanan karena terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya, 30 anggota Polisi dan 12 orang tahanan harus menjalani swab antigen.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan mengatakan, pihaknya mendapat informasi seorang tahanan meninggal dunia setelah anggota jaga mengecek kondisi semua tahanan di dalam ruangan. Benar saja, memang seorang tahanan terlihat tak bergerak dengan kondisi telungkup dan anggota melakukan pemeriksaan hingga langsung membawanya ke RSUD dr Soekardjo.

"Untuk tahanan berinisial RH masuk ke Polsek Indihiang sejak 2 April 2021. Selama di dalam tahanan itu tidak ada tanda-tanda sakit dan selama ini petugas jaga selalu berupaya menanyakan dengan kondisi mereka. Hasil pemeriksaan visum tidak ditemukan kekerasan benda tumpul dan tahanan tersebut telah terkonfirmasi positif Covid-19," katanya, Selasa (18/5/2021) di RSUD dr Soekardjo.

Baca Juga: 183 Narapidana Lapas IIB Tasikmalaya Dapat Remisi

Ia mengatakan, atas kejadian tahanan positif Covid-19 tersebut membuat 30 anggota Polisi dan 12 orang tahanan lain harus menjalani pemeriksaan swab antigen. Akan tetapi, guna memastikan meninggalnya tahanan tersebut akan dilakukan autopsi, Namun itu harus seizin keluarga karena dari hasil pemeriksaan di luar memang tidak ada tanda-tanda kekerasan dan bisa dari jantung karena terkonfirmasi positif Covid-19.

"Kami akan tetap menunggu kedatangan dari keluarganya terlebih dahulu, jika dari jantung akan dilakukan autopsi untuk memastikannya. Namun, kondisi jenazah untuk sekarang masih berada di kamar mayat sambil menunggu dari keluarganya kalau mereka mengizinkan akan dilakukan autopsi dan mereka juga harus bisa menyaksikan proses tersebut," ujarnya.

Menurutnya, 12 tahanan lainnya akan dipindah terlebih dahulu ke Mako Polres Tasikmalaya Kota yang terdekat dan petugas juga sudah melakukan tracing kepada tahanan termasuk para anggota Polisi yang kontak erat dengan seorang tahanan meninggal dunia. Akan tetapi, untuk sekarang pelayanan tetap berjalan seperti biasa tapi para petugas akan melakukan sterilisasi area ruangan tahanan.

"Untuk pelayanan kepada masyarakat selama ini tetap berjalan seperti biasa, tetapi petugas akan tetap melakukan sterilisasi area ruangan tahanan guna menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus korona. Tahanan yang meninggal dunia di dalam ruangan penjara itu, tinggal menunggu pelimpahan tapi berkasnya belum lengkap," pungkasnya. (AD/OL-10)

Baca Juga

dok.ilustrasi

Kemarin, Bantul Sumbang Kasus Positif Covid-19 Terbesar di DIY

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 16 Juni 2021, 08:40 WIB
PENAMBAHAN kasus covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kemarin atau Selasa (15/6) sebanyak 428 kasus. Dengan demikian total ...
Ist

Turbojet Karya Polman Babel, Peluang Ciptakan Lapangan Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 08:37 WIB
Orang nomor satu di Babel ini melihat potensi lain jika mesin turbojet dapat diproduksi secara massal yakni menciptakan lapangan...
MI/Djoko Sardjono

Bupati Klaten Buka TMMD Sengkuyung II dan KBMKB IX

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 16 Juni 2021, 06:58 WIB
Kegiatan TMMD Sengkuyung II dan KBMKB IX dilaksanakan selama 30 hari, mulai 15 Juni hingga 14 Juli...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya