Minggu 25 April 2021, 12:08 WIB

Korban Bencana di NTT Butuh Peralatan Dapur

Palce Amalo | Nusantara
Korban Bencana di NTT Butuh Peralatan Dapur

Mi/Gabriel Langga
Para pengungsi di Desa Lamahala Jaya, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flotim, NTT

 

JURU Bicara Posko Bencana Siklon Seroja Nusa Tenggara Timur (NTT) Marius Jelamu menyebutkan seluruh korban bencana sudah menerima bantuan sembako.

"Kebutuhan sekarang adalah alat dapur karena rusak dan terbawa banjir seperti kompor, periuk, sendok, piring, dan gelas," kata Marius Jelamu, saat dihubungi di Kupang, Minggu (25/4).

Marius menyebutkan, pengungsi yang rumahnya rusak berat, tinggal bersama keluarga, serta di posko dengan penerapan protokol kesehatan covid-19. Sedangkan, warga yang rumahnya rusak ringan sudah kembali ke rumah.

Untuk warga yang rumahnya tidak dapat ditempati lagi, akan dibangun rumah baru oleh pemerintah, namun mereka mengharapkan bantuan peralatan dapur.

"Kalau ada dermawan yang membantu, sebaiknya alat-alat dapur," katanya.

Marius menyebutkan bantuan air, sanitiasi, kesehatan, hunian, pangan dan gizi, sandang, dan pendidikan sudah didistribusikan ke 15 kabupaten dan kota. Bantuan tersebut disalurkan terbanyak wilayah yang paling parah terdampak bencana yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Alor, Lembata, Sabu Raijua, Malaka, Rote Ndao, dan Timor Tengah Selatan.

baca juga: Bantuan korban banjir NTT

Adapun korban tewas bencana di NTT bertambah menjadi 182 orang dari sebelumnya 181 orang, tambahan satu orang berasal dari Kabupaten Alor. Sedangkan korban hilang berkurang dari 48 orang menjadi 47 orang, dan korban luka sebanyak 136 orang.

Menurut Marius, BNPB telah menghentikan pencarian korban hilang, namun pencarian oleh pemerintah kabupaten dan keluarga korban masih berlangsung. Korban terakhir yang ditemukan tersebut ditemukan di sungai kering.

"Seorang penduduk kebetulan lewat sungai kering, melihat ada korban terjepit di antara batu," pungkas Marius. (OL-3)

 

Baca Juga

ANTARA

Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi Di Perairan Bali Dan Selat Lombok

👤Ruta Suryana 🕔Senin 08 Agustus 2022, 18:04 WIB
GELOMBANG tinggi diperkirakan akan terjadi di Selat Bali dan Selat Lombok mulai Senin (8/8) hingga Rabu (10/8). Gelombang setinggi 1 hingga...
MI/Depi Gunawan

Lahan Jadi Sengketa, Murid SDN Bunisari Tidak Bisa Sekolah

👤Depi Gunawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:58 WIB
RATUSAN murid SD Negeri Bunisari, Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat tidak bisa belajar di ruang...
DOK MI

Kesadaran Prokes Warga Banyumas Menurun

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:52 WIB
PEMKAB Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mengakui bahwa ketaatan waraga menerapkan protokol kesehatan (prokes) sudah mulai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya