Rabu 14 April 2021, 06:07 WIB

SMK Kasih Bunda Maumere Gelar Ujian dengan Prokes Ketat

Gabriel Langga | Nusantara
SMK Kasih Bunda Maumere Gelar Ujian dengan Prokes Ketat

MI/Gabriel Langga
Siswa SMK Kasih Bunda Maumere lagi praktik dalam ujian kompetensi keahlian.

 

SEKOLAH Menengah Kejuruan (SMK) Kasih Bunda Maumere di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) untuk siswa kelas XII dengan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat.

Para siswa kelas XII yang mengikuti ujian kompetensi keahlian bidang asisten keperawatan dan analis kesehatan wajib menggunakan masker dan penutup wajah.

Kemudian, di dalam satu ruangan hanya dibolehkan empat siswa saja. Sedangkan siswa yang dijadikan sebagai pasien juga wajib menggunakan masker.

Baca juga: PABOI Bantu Korban Bencana NTT yang Patah Tulang Belakang

Saat memegang siswa yang dijadikan pasien, peserta ujian juga wajib menggunakan sarung tangan. Ujian kompetensi keahlian yang digelar ini memang betul-betul menerapkan prokes yang ketat sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19.

Kepala Sekolah SMK Kasih Bunda Maumere Dafrosa Sadipung mengatakan kepada mediaindonesia.com, Selasa (13/4), pihaknya menyelenggarakan ujian sekolah kompetensi keahlian bagi siswa-siswi kelas XII dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dia menuturkan, sebelum masuk ke ruangan praktik, siswa wajib mencuci tangan dengan air mengalir, suhu tubuhnya dicek, dan juga memakai masker
dengan penutup wajah. Semua siswa yang melakukan praktik juga diberikan sarung tangan.

"Selama di ruangan praktik, siswa diawasi guru agar selalu menaati prokes covid-19. Ruangan praktik hanya berisi 4 siswa dan 1 guru yang melakukan praktik. Dengan diadakannya ujian sekolah dengan tatap muka terbatas ini, guru bisa mengawasi siswa secara langsung saat melakukan ujian praktikum," jelas dia.

Dafrosa menambahkan, ujian praktik ini bertujuan mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar secara psikomotor, kecakapan dan keterampilan
peserta didik.

Selain itu, kegiatan ini juga digunakan sebagai tolak ukur di akhir jenjang satuan pendidikan pada mata pelajaran yang telah ditentukan dan sekaligus sebagai syarat kelulusan peserta didik.

"Di sisi lain, ujian praktik digunakan untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan pembelajaran, kecakapan dan keterampilan peserta didik selama menempuh pendidikan di SMK Kasih Bunda Maumere," tandas dia. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Ruang Isolasi RS di Jawa Tengah Kembali Dibuka

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 11 Mei 2021, 11:53 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh rumah sakit kembali membuka ruang isolasi dan perawatan yang pernah ditutup untuk...
MI/Djoko Sardjono

Tren Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Meningkat

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 11 Mei 2021, 11:04 WIB
Kasus aktif covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, hingga pekan ini masih menunjukkan tren peningkatan. Maka warga wajib disiplin protokol...
MI/Arnoldus Dhae

AKPAR Denpasar Himpun Bantuan bagi Korban Bencana

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 11 Mei 2021, 10:38 WIB
Dosen, staf dan mahasiswa Akademi Pariwisata (AKPAR) Denpasar terus mengumpulkan bantuan bagi korban bencana di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya