Selasa 06 April 2021, 16:10 WIB

Pemkab Kebumen Siapkan Rp1,5 Miliar untuk Serap Gabah Petani

Lilik Darmawan | Nusantara
Pemkab Kebumen Siapkan Rp1,5 Miliar untuk Serap Gabah Petani

MI/Lilik Darmawan
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan dana pinjaman sebesar Rp1,5 miliar untuk pengadaan pangan tahun 2021. Dana tersebut merupakan bantuan pinjaman untuk menalangi pengadaan gabah dan diberikan kepada 31
gabungan kelompok tani (gapoktan) maupun kelompok tani (poktan).

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan bahwa alokasi anggaran senilai Rp1,5 miliar merupakan dana pinjaman pengadaan pangan bagi 31 gapoktan/poktan. "Dengan anggaran tersebut, dapat menyerap 348 ton gabah. Penyerapan dilaksanakan pada musim panen saat ini," jelas Arif, Selasa (6/4).

Untuk tahap awal, jelas Bupati Arif, diserahkan untuk 24 gapoktan/poktan. Rinciannya, 10 gapoktan/poktan mendapatkan pinjaman Rp55 juta, 5 gapoktan/poktan Rp50 juta dan 9 gapoktan/poktan mendapatkan Rp45 juta. Penyerahan telah diberikan kepada gapoktan/poktan dan diharapkan langsung dipakai untuk pembelian gabah petani. Sehingga harganya akan baik.

Pemkab Kebumen juga memberikan bantuan benih padi Inhibrida 62.100 kg untuk 2.484 hektare (ha) kepada 100 gapoktan/poktan di 10 kecamatan, bantuan benih padi Inhibrida kegiatan Peningkatan Indeks pertanaman (PIP) 15.625 kg untuk 625 ha di 9 Gapoktan di Kecamatan Ambal.

"Selain itu benih padi untuk IP 400 sebanyak 625 kg untuk lahan sawah seluas 25 ha di Desa Singoyudan, Kecamatan Mirit, dengan sumber dana APBN Tahun 2021, dan APBD Provinsi Jateng sejumlah 5.000 kg untuk lahan seluas 200 ha. Diserahkan juga bantuan dana sarana produksi untuk kegiatan IP 400 sejumlah Rp 48,3 juta," paparnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen Tri Haryono menjelaskan, dana talangan pengadaan pangan diberikan kepada gapoktan/poktan. "Hal itu untuk modal usaha pembelian gabah dan beras, jagung, kedelai, dan kacang hijau dari petani. Selain itu, menumbuhkembangkan dan menggerakkan kelembagaan usaha ekonomi di pedesaan, serta mewujudkan ketahanan pangan daerah untuk  mendukung ketahanan pangan nasional," kata dia. (OL-13)

Baca Juga: Pemkab Sikka Galang Bantuan Bagi Bencana Adonara dan Lembata

 

Baca Juga

Dok. Korlantas Polri

Kakorlantas Polri Cek Kesiapan Penyekatan Mudik di Sumatra

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 23 April 2021, 02:06 WIB
Istiono menekankan pentingnya pendekatan humanis dalam mengelola peniadaan...
DOK IST

Program CSR SiCepat Bantu Renovasi Sekolah

👤Gana Buana 🕔Kamis 22 April 2021, 23:26 WIB
Gedung sekolah awalnya dalam kondisi yang tidak...
MI/Alexander P. Taum

Target 4 Bulan Bangun 700 Unit Rumah Relokasi di Lembata

👤Alexander P. Taum 🕔Kamis 22 April 2021, 22:02 WIB
SEBANYAK 700 unit rumah bagi korban bencana banjir bandang segera dibangun di lahan Waesesa, Kecamatan Ile Ape, kabupeten Lembata, Nusa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perburuan Gelar belum Usai

 Ancaman diskualifikasi dihindari karena tim yang tersisa urung ikut Liga Super Eropa

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya