Minggu 14 Maret 2021, 19:51 WIB

KNKT Masih Kumpulkan Bukti soal Kecelakaan Maut di Sumedang

Insi Nantika Jelita | Nusantara
KNKT Masih Kumpulkan Bukti soal Kecelakaan Maut di Sumedang

Antara/Raisan Al Farisi
Evaksuasi bus Sri padma Kencana yang jatuh ke jurang di Sumedang

 

KEPALA Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengaku pihaknya masih mengumpulkan beberapa bukti terkait insiden maut bus yang masuk jurang di Sumedang, Jawa Barat pada Rabu (10/3).

Diketahui, kecelakaan tunggal menimpa bus pariwisata Sri Padma Kencana bernomor polisi T 7591 TB, yang mengangkut rombongan SMP IT Al Muawwanah, Cisalak, Subang, Jawa Barat, yang menewaskan 29 orang.

"Kami sedang mengumpulkan evidence (bukti) dulu semuanya," kata Soerjanto kepada Media Indonesia, Minggu (14/3).

Dia menjelaskan, bukti-bukti yang dikumpulkan seperti kondisi rem dan sistem kemudi bus tersebut, lalu jadwal pengemudi, waktu istirahat pengemudi dari Pamijahan, Tasikmalaya dan lainnya.

Terpisah, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi menekankan pentingnya Sistem Manajemen Keselamatan (SMK) dalam sebuah perusahaan angkutan umum atau perusahaan otobus (PO), untuk mengelola risiko kecelakaan. 

"SMK itu me-manage (mengatur) regulasi kendaraan multiroda. Indikator ini harus dipenuhi untuk mendirikan usaha agar berjalan. Manajemen perusahaan memastikan agar setiap kendaraan yang beroperasi dalam keadaan bagus," kata Budi dalam Perpalz TV.

Budi juga menegaskan, selain memperhatikan kondisi kendaraan yang laik, perusahaan angkutan umum dan PO diminta memperhatikan kebutuhan pengemudi bus. Menurutnya, para pengemudi menjadi aset penting dalam menjaga keselamatan perjalanan.

"Pengemudi itu jangan dipacu untuk mencari keuntungan saja. Mereka bukan sekedar supir, tapi SDM yang sangata utama sekali dalam perusahaan. Mereka harus dilatih dan dipenuhi kesejahteraanya," pungkas Budi. (OL-7)

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya