Kamis 04 Maret 2021, 19:35 WIB

Tren Penyalahgunaan Narkoba di Banda Aceh Meningkat

Mediaindonesia.com | Nusantara
Tren Penyalahgunaan Narkoba di Banda Aceh Meningkat

Dok MI
Ilustrasi narkoba.

 

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Farid Nyak Umar menyatakan bahwa tren penyalahgunaan narkoba di Banda Aceh mengalami peningkatan sejak 2019 hingga 2020.

"Data ungkap kasus narkotika pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Banda Aceh, pada 2019 terdapat 269 kasus dan 2020 sebanyak 331 kasus," kata Farid Nyak Umar, di Banda Aceh, Kamis (4/3).

Farid mengatakan berdasarkan hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) 2020, terdapat sepuluh provinsi di Indonesia yang dinyatakan tertinggi prevalensi penyalahgunaan narkoba.

Provinsi Aceh, kata Farid, menempati posisi keenam di Indonesia dengan estimasi pengguna narkoba sebanyak 56,192 atau 1,90 persen. Sementara jenis narkoba yang digunakan yakni ganja 65,5 persen, sabu 38 persen, dan ekstasi 18 persen.

"Usia pertama kali yang menggunakan narkoba yaitu 17 sampai 19 tahun. Para pengguna narkoba terbanyak berada pada usia produktif antara 35 hingga 44 tahun," ujarnya.

Selain itu, Farid juga menuturkan untuk jumlah tahanan kasus narkoba di Banda Aceh pada 2020 mencapai 529 orang, angka tersebut melebihi kapasitas lapas yang hanya menampung 380 orang.

Berdasarkan data tersebut, lanjut Farid, kondisinya sudah sangat mengancam masa depan generasi muda. Karenanya perlu pengawasan keluarga terhadap anak-anak dari bahaya penyalahgunaan narkoba ini.

"Penting melindungi generasi muda dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba," kata politikus PKS itu. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Setelah Ekspor Rempah, Sulsel Ekspor Ikan Senilai Rp97 Miliar

👤Lina Herlina 🕔Rabu 14 April 2021, 15:20 WIB
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, kembali melepas ekspor salah satu komoditas di Sulsel. Rabu (14/4) dia meluncurkan program...
ANTARA/Luqman Hakim

Polda DIY Menangkap Dua Pelaku Perdagangan Satwa Dilindungi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 15:07 WIB
Petugas kepolisian melakukan penyamaran dengan berpura-pura menjadi pembeli. Saat melakukan transaksi, petugas langsung menangkap JR...
MI/Heri Susetyo

Pandemi Covid Nilai Ekspor Ikan dan Produk Ikan Jawa Timur Naik

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 14 April 2021, 14:47 WIB
Di masa pandemi covid-19, ekspor ikan dan produk perikanan melalui BKIPM Surabaya 1, Jawa Timr justru mengalami peningkatan. Baik dari sisi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya