Kamis 04 Maret 2021, 02:30 WIB

Gunung Merapi Semburkan Lahar 12 Kali dalam Satu Hari

mediaindonesia.com | Nusantara
Gunung Merapi Semburkan Lahar 12 Kali dalam Satu Hari

Antara
Ilustrasi

 

GUNUNG Merapi yang melintasi Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta, mengeluarkan lahar 12 kali antara tengah malam hingga pukul 18.00 waktu setempat pada Rabu, menurut Badan Penelitian Bencana Geologi dan Pusat Pengembangan Teknologi (BPPTKG).

''Delapan semburan lahar pertama tercatat antara tengah malam dan 6 pagi, dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter kebarat dayaarah,'' kata kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan padahari Rabu (3/3)

Empat pelepasan lava terakhir dipantau antara pukul 06.00 hingga tengah hari dengan jarak luncur maksimum 800 meter, juga kebarat daya arah.

Baca juga : Luapan Anak Sungai Bengawan Solo Banjiri Dua Kecamatan

Tidak ada aliran lahar yang tercatat antara siang dan 6 sore.  Berdasarkan data gempa terbaru20 longsoran gempa tercatat, dengan amplitudo 4 mm hingga 36 mm dan durasi 11-121detik.

Pada hari Rabu, BPPTKG mempertahankan status siaga gunung berapi di Level III.

Lava dan awan panas yang dikeluarkan oleh gunung berapi tersebut diperkirakan akan mempengaruhi wilayah yang terletak di selatan dan barat daya gunung berapi, termasuk Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. (Ant/OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/

PPKM Mikro di Kalimantan Tengah Diperpanjang

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 12 April 2021, 09:39 WIB
Provinsi Kalteng memperpanjang pelaksanaan PPKM MIkro mulai 6 April sampai dengan 19 April.karena tingkat kesembuhan masih rendah dan kasus...
medcom.id

Total Kasus Covid-19 di Klaten Mencapai 7.025 Orang, 471 Meninggal

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 12 April 2021, 08:21 WIB
Berdasarkan laporan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten, Minggu (11/4), kasus positif bertambah lagi 31...
MI/Supardji Rasban

Harsoyo Akhirnya Jadi Ketua DPC Papdesi Kabupaten Tegal

👤Supardji Rasban 🕔Senin 12 April 2021, 08:14 WIB
Harsoyo akhirnya dikukuhkan menjadi Ketua DPC Persatuan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Kabupaten Tegal setelah sempat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya