Rabu 03 Maret 2021, 22:55 WIB

Luapan Anak Sungai Bengawan Solo Banjiri Dua Kecamatan

M Yakub | Nusantara
Luapan Anak Sungai Bengawan Solo Banjiri Dua Kecamatan

MI/M yakub
LUAPAN Kali Ganggang dan Kali Pacal membuat genanganan air di dua kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jatim, Rabu (3/3) siang.

 

LUAPAN Kali Ganggang dan Kali Pacal membuat genanganan air di dua kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jatim, Rabu (3/3) siang.

Kondisi tersebut mengakibatkan jalan sepanjang 5.100 meter dan tanaman padi seluas 69 hekatar terendam air dengan ketinggian hingga 100 cm. Banjir luapan anak sungai Bengaean Solo ini  juga mengenangi fasilitas umum dan rumah sebanyak 107 unit.

Di Dusun/Desa Jumput, Kecamatan Sukosewu banjir akibat luapan Kali Ganggang yang dipicu hujan deras pada Selasa malam yang membuat 41 unit rumah dan sawah seluas 11 ha tergenang. Ketinggian genangan banjir berkisar antara 75-100 cm.

Jumlah rumah yang tergenang banjir sebanyak 89 unit. Rinciannya, di RT03/04 jumlah rumah yang terdampak 41 keluarga dan di RT05/02 rumah tergenang 48 keluarga. Banjir juga merendan tanaman padi seluas 11 Ha.

"Saat bersamaan, banjir juga melanda Desa Sidobandung Kecamatan Balen," terang Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro, Eko Susanto, Rabu (3/3).

Banjir, kata dia, diakibatkan luapan Kali Pacal yang dipicu hujan deras pada Selasa malam. Kondisi tersebut mengakibatkan jalan poros desa dan poros kampung terendam sepanjang 5.100 meter dan sawah seluas 3 ha.

Ketinggian genangan banjir berkisar 20-60 cm. "Banjir juga mengenangi rumah sebanyak 14 keluarga dan sebuah fasilitas umum," tambahnya.

Menurut dia, banjir di kawasan ini mulai terjadi pada pukul 02.00 Wib, Rabu dinihari dan mulai surut pada pukul 09.00 Wib. BPBD dan pihak kecamatan setempat masih mendata kerusakan yang diakibatkan banjir di dua kecamatan tersebut.(OL-13)

Baca Juga

DOK MI

Calon Kades Di Garut Wajib Jalani Tes Narkotika

👤Kristiadi 🕔Kamis 15 April 2021, 01:34 WIB
BADAN Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Garut, Jawa Barat melakukan tes urine kepada para bakal calon kepala desa. Ditargetkan tes...
Dok Media Indonesia

Permintaan Ikan Air Tawar dari Danau Maninjau Meningkat 5 Ton

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 23:48 WIB
Ikan jenis nila dan mas itu dipasarkan ke pasar tradisional di Sumbar, Jambi, Riau dan...
Antara

TWC Gelar Vaksinasi bagi Pelaku Wisata di Candi Borobudur

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:45 WIB
"Harapannya nanti siap untuk menyambut datangnya wisatawan serta ikut menciptakan ekosistem wisata yang aman dan nyaman untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya