Jumat 19 Februari 2021, 23:10 WIB

8.280 Miras Cap Tikus Gagal Dikirim ke Manokwari

Mediaindonesia.com | Nusantara
8.280 Miras Cap Tikus Gagal Dikirim ke Manokwari

Dok Media Indonesia
Ilustrasi: miras.

 

Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggagalkan pengiriman sekitar 8.280 liter minuman keras tradisional jenis Cap Tikus ke Manokwari, Papua Barat.

Kepala Bidang Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast saat memberikan keterangan pers, di Manado, Jumat, menyatakan kasus ini diungkap dengan tempat kejadian perkara pada ruas jalan Belang-Ratatotok, Desa Borgo Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara, pada Senin (15/2) sekitar pukul 01.20 WITA.

"Modus operandi dilakukan, yaitu pelaku membeli, mengangkut dan mengirimkan keluar daerah untuk dijual atau diedarkan kembali minuman keras beralkohol jenis Cap Tikus tanpa izin," kata Abast, didampingi Direktur Resnarkoba Kombes Pol Indra Lutrianto Amstono.
Ia mengatakan pengungkapan kasus ini berdasarkan informasi masyarakat akan ada mobil mengangkut minuman keras Cap Tikus dengan tujuan dermaga Pelabuhan Desa Basaan, Minahasa Tenggara.

Minuman keras ini akan dikirim dengan tujuan ke Manokawari, Papua Barat menggunakan kapal laut. Informasi tersebut ditindaklanjuti, dan anggota Subdit III Ditresnarkoba Polda Sulut menuju ke lokasi.

Dia mengatakan pada saat di jalan Raya Ratahan-Kotamobagu, tepatnya di Desa Borgo, Kecamatan Belang, Minahasa Tenggara, petugas mengamankan dua buah kendaraan dan dilakukan pemeriksaan.

Pada mobil pertama jenis truk dengan nomor polisi DB 8076 QE yang dikemudikan RS, mengangkut minuman keras Cap Tikus sebanyak 363 galon atau sekitar 7.260 liter.

Kemudian pada mobil kedua jenis pick up dikemudikan RM, mengangkut minuman keras Cap Tikus sebanyak 51 galon atau sekitar 1.020 liter.

Pengemudi beserta barang bukti kemudian dibawa ke Polda Sulut untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan, mendapatkan keterangan pemilik minuman keras Cap Tikus sebanyak 414 galon atau 8.280 liter tersebut adalah UG alias M (28), warga Silian Raya, Minahasa Tenggara.

"Pemilik UG alias M ini telah ditetapkan sebagai tersangka," katanya pula.

Ia menambahkan dari hasil pemeriksaan dan interogasi dilakukan, Cap Tikus itu akan dikirim ke Manokwari, Papua Barat dengan kapal laut, kepada seorang lelaki, OKO.

Direktur Reserse Narkoba Kombes Pol Pol Indra Lutrianto Amstono mengatakan terkait dengan kasus ini akan diterapkan Perda Nomor 4 Tahun 2014 tentang pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol dengan ancamannya hukuman tiga bulan.

"Tersangka baru kali ini ditangkap," kata dia lagi. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Lilik Darmawan

Ganjar Ingatkan Kepala Daerah masih Punya PR Banjir

👤Akhmad Safuan 🕔Jumat 26 Februari 2021, 13:14 WIB
Ganjar mengingatkan ada pekerjaan rumah bencana banjir bagi kepala daerah yang baru dilantik...
MI/Widjajadi

Gibran-Teguh Bekerja Tak Kenal Hari Libur

👤Widjajadi 🕔Jumat 26 Februari 2021, 12:43 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Teguh Prakosa menyatakan tidak ada hari libur. Sabtu dan Minggu tetap...
MI/Ardi Teristi Hardi

Pengemudi Becak Motor Malioboro Belum Terdaftar Vaksinasi

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Jumat 26 Februari 2021, 12:37 WIB
PengemudiI becak motor di Malioboro, Joko Suparjo,51 mengaku belum terdaftar vaksinasi masal yang rencananya akan dilaksanakan pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya