Kamis 28 Januari 2021, 23:57 WIB

Infrastruktur Jadi Tantangan Program Vaksinasi di Bengkayang

mediaindonesia.com | Nusantara
Infrastruktur Jadi Tantangan Program Vaksinasi di Bengkayang

MI
Ilustrasi: kondisi jalan di salah satu kecamatan pada kabupaten bengkayang, kalbar

 

KONDISI jalan dan kelistrikan yang minim menjadi salah satu tantangan berjalannya program vaksinasi di sebagian kecamatan pada Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Plt Kepada Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Kadiskes dan KB) Kabupaten Bengkayang Agustinus C mengaku sedang mempersiapkan dan mempertimbangkan segala hal sebelum vaksin didistribusikan ke setiap kecamatan.

“Hal itu mengingat ada beberapa kecamatan yang saat ini jalannya masih sulit dilalui dan beberapa kecamatan yang terkendala minimnya aliran listrik untuk penyimpanan vaksin tersebut ke depannya,” ujar Agustinus saat dihubungi di Bengkayang, Kamis (28/1).

Ia menjelaskan hari ini sudah tiba 3.360 vial vaksin covid-19 di Kabupaten Bengkayang dan disimpan di gudang farmasi.

"Untuk distribusi vaksin lanjutan ke tiap kecamatan akan mulai dilakukan pada Sabtu (29/1)," kata dia.

Baca juga: Jawa Timur Tuntaskan Vaksinasi Tahap Kedua

Ia menyebutkan jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang sudah terdata untuk dilakukan vaksinasi nanti berjumlah 1.830 orang. Angka tersebut, sambungnya, merupakan jumlah nakes di Kabupaten Bengkayang secara keseluruhan dan dianggap layak menerima vaksinasi tahap awal.

“Kemarin kita juga telah inventarisir jumlah nakes tersebut mencakup semua tenaga medis yang ada di tingkat Puskesmas dan juga RSUD Kabupaten Bengkayang. Untuk pelaksanaannya nanti akan dilakukan secara bertahap. Mungkin di hari pertama dilakukan terhadap 30 orang terlebih dahulu, begitu pula di hari selanjutnya, dan begitu seterusnya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang Fransiskus turut mengapresiasi langkah cepat yang telah dilakukan pemerintah terkait persiapan vaksinasi di Kabupaten Bengkayang. Terkait telah tibanya vaksin covid-19 di Kabupaten Bengkayang, dia mengajak seluruh masyarakat untuk tidak takut dan tidak mudah termakan hoaks dengan pemberitaan yang tidak jelas sumbernya terkait vaksin.

“Bisa kita lihat bahwa bapak Presiden juga sudah divaksin. Artinya, di sini kita seharusnya berfikir positif karena mereka telah menjadi contoh yang telah divaksin. Jadi kenapa kita harus takut,” pungkasnya.(Ant/OL-5)

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya