Minggu 24 Januari 2021, 11:59 WIB

ACT Tasikmalaya salurkan bantuan bagi para korban Sulbar dan Kalse

Kristiadi | Nusantara
ACT Tasikmalaya salurkan bantuan bagi para korban Sulbar dan Kalse

MI/Kristiadi
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya salurkan bantuan kemanusiaanuntuk korban gempa di Sulbar dan banjir di Kalsel.

 

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) dan banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel). Bantuan tersebut diberikan melalui kapal kemanusiaan yang disiapkan untuk membawa logistik berupa sembako dan kebutuhan lainnya.

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya, Taufik Perdana mengatakan, pada bencana banjir yang telah terjadi di Kalsel dan gempa bumi di Sulbar, ACT pusat termasuk perwakilan Tasikmalaya bergerak langsung di hari pertama kejadian. Para relawan segera melakukan aksi emergency seperti rescue dengan mendirikan posko dan mengaktifkan dapur umum serta lainnya

"Posko dan relawan masih terus ditambah. Hal tersebut menunjukkan kesiapan kita untuk menerima amanah para dermawan yang akan menitipkan bantuannya bagi saudara-saudara korban bencana. Karena, dampak bencana itu cukup besar dan ACT Tasikmalaya berupaya ikut aktif membantu saudara para sebangsa yang telah terdampak bencana di Kalsel dan Sulbar," katanya, Minggu (24/1/2021).

Baca Juga: Jurnalis Peduli Sulbar Salurkan Logistik Untuk Korban Gempa

Ia mengatakan, pihaknya tetap mengajak agar warga untuk menunjukkan solidaritas dengan melakukan kampanye Tasikmalaya bergerak bersama selamatkan bangsa dengan harapan supaya bisa memberikan bantuan terbaik bagi mereka. Karena bantuan itu sejalan dengan rencana akan diberangkatkan menggunakan Kapal Kemanusiaan ACT untuk Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Bantuan yang terkumpul direncanakan akan diberangkatkan menggunakan empat truk dan dua unit bantuan tujuan ke Kalsel dan dua truk ke Sulbar. Akan tetapi, rencananya bantuan itu akan diberangkatkan pada Senin (25/1) melalui pelabuhan di Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Program ACT Tasikmalaya Fauzi Ridwan mengungkapkan, program kapal kemanusiaan selama itu sudah pernah digulirkan sebelumnya untuk bantuan kemanusiaan ke Palestina, Afrika, Rohingnya, dan Lombok. Sedangkan, sekarang ini bantuan tersebut akan dikirimkan ke Kalsel dan Sulbar membantu warga di sana demi meringankan beban pemerintah.

"Kami berharap kapal kemanusiaan tersebut bisa mengakomodir jiwa kedermawanan dari setiap orang yang ingin membantu saudara kita di mana mereka membutuhkan bantuan. Bantuan yang diberikannya bagi mereka mulai dari selimut, pakaian layak pakai, kebutuhan bayi, makanan siap saji dan banyak lainnya," paparnya. (AD/OL-10)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Gibran-Teguh Percepat Vaksinasi untuk Manula dan Pedagang Pasar

👤Widjajadi 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:53 WIB
Dua hari sebelum menginjak kantor di Balaikota, duet Gibran-Teguh, sepanjang Sabtu-Minggu ( 27-28/2), memantau pelaksanaan vaksinasi untuk...
MI/Supardji Rasban

PMI Salurkan Bantuan Korban Terdampak Bencana di Jateng

👤Supardji Rasban 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:45 WIB
SEKRETARIS Jenderal Palang Merah Indonesia Sudirman Said, meninjau dan menyalurkan bantuan ke  sejumlah tempat yang dilanda bencana...
ANTARA FOTO/Moch Asim

Muncul Klaster Ziarah, Banyumas Perketat Lagi Peribadatan & Pasar

👤Lilik Dharmawan 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:35 WIB
Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan dari laporan-laporan yang masuk ada kecenderungan mengenai mulai longgarnya prokes di dua lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya