Kamis 21 Januari 2021, 09:21 WIB

Curah Hujan makin Tinggi, BPBD Wonogiri terus Ingatkan Warga

Widjajadi | Nusantara
Curah Hujan makin Tinggi, BPBD Wonogiri terus Ingatkan Warga

MI/Widjajadi
Bencana alam banjir, longsor, dan angin kencang mulai menerpa Karanganyar dan Wonogiri.

 

BADAN Penunggalangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri tidak kenal lelah memperingatkan warga yang tinggal di wilayah rentan bencana alam di musim hujan. Hal ini seiring pelaporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi tingginya curah hujan pada pertengahan Januari hingga Februari nanti.

"Kami terus menyiapkan warga untuk terus mewaspadai hujan deras yang bisa memunculkan bencana alam tidak terduga, baik banjir, longsor, angin kencang maupun tanah gerak. Potensi bencana di Wonogiri sangat tinggi. Jadi harus ada mitigasi tidak kenal lelah dan himbauan himbauan," ungkap Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Wonogiri Bambang Haryanto.

Sementara untuk para nelayan di pesisir selatan Wonogiri juga diingatkan untuk berhati-hati terhadap ombak tinggi di musim hujan yang tidak bersahabat. Perahu-perahu kecil dihimbau hati-hati dalam mengarungi laut selatan yang terkenal dengan ombak tinggi, agar tidak terjebak bahaya saat mencari ikan.

Menurut Bambang, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG bulan Januari 2021, sifat hujan normal hingga di atas normal. Curah hujan diperkirakan antara 301-400 mm tinggi secara umum di seluruh wilayah.

Bahkan di wilayah Wonogiri timur laut, curah hujan bisa mencapai di atas 400 mm. "Karena itu relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) harus tetap siaga. Kita terus koordinasi, untuk terua mitigasi bencana," imbuh dia.

Lebih jauh Bambang Haryanto memaparkan, BMKG dalam buletin juga menyebutkan bahwa pada Februari curah hujan juga sampai di atas normal, dengan curah hujan tinggi yakni 300-400 mm. Di wilayah Wonogiri timur laut curah hujan dalam kisaran 400-500 mm.

Sedangkan di bulan Maret kemungkinan curah hujan akan mulai menurun. Namun tetap tinggi di bagian kecil wilayah Wonogiri bagian timur laut.

Yang jelas, BPBD Wonogiri terus membangun Destana di pelosok desa yang memiliki kontur wilayaj berbukit bukit. Saat ini sudah terbentuk sedikitnya 170 Destana, dengan 30-40 relawan bencana di setiap Destana. (WJ/OL-10)

 

 

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Masih Terjadi

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 08:34 WIB
Pada pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB hari Sabtu (6/3), teramati pula 13 kali guguran lava...
Dok: medcom.id

50 Pasien Covid-19 di Klaten Sembuh, Positif Bertambah 33 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 08:10 WIB
Hingga saat ini, jumlah akumulatif kasus terkonfirmasi positif covid-19 yakni 5.878...
MI/Hijrah Ibrahim

Menaker Ida Minta BLK Ditutup Jika Hanya Melahirkan Pengangguran

👤Hijrah Ibrahim 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 07:58 WIB
Menteri Ida meminta Balai Latihan Kerja (BLK) di pusat dan daerah agar memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya