Kamis 14 Januari 2021, 13:33 WIB

60 Faskes Mulai Laksanakan Vaksinasi, Gubernur Babel Yang Pertama

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
60 Faskes Mulai Laksanakan Vaksinasi, Gubernur Babel Yang Pertama

MI/Rendy Ferdiansyah
Besok gubernur Babel dan forkominda siap di vaksin di RSUP Soekarno.

 

Sebanyak 60 fasilitas kesehatan (faskes) tersebar di dua kabupaten dan satu kota di Provinsi Bangka Belitung (Babel) siap melayani vaksinasi tahap pertama, Jumat (15/1).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung (Babel) Bangun Cahyo mengatakan pelaksanaan vaksin untuk di Babel tahap pertama akan di mulai di Pangkalpinang, Bangka dan Belitung.

"Vaksin sudah kita distribusikan, Pangkalpinang 4.760 vial, Bangka 3.560 vial, dan Belitung 1.960 vial," kata Bangun. Kamis (15/1).

Ia menyebutkan pada pelaksanaan vaksin Jumat (15/1) yang pertama sekali divaksin adalah Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan. Selanjutnya Kapolda, Danrem, Danlanal, dan Ketua DPRD Babel serta forkominda.

"Setelah Gubernur bersama Forkominda di vaksin di RSUP Soekarno, kemudian vaksin dilanjutkan kepada tenaga kesehatan di Bangka, Belitung dan pangkalpinang,"ujarnya.

Menurutnya, di babel ada 110 faskes yang melayani vaksinasi. Namun untuk tahap pertama ini baru 60 faskes yang dilatih. "Sisanya sekitar 50 faskes akan dilatih kembali, pada vaksinasi tahap dua," ungkapnya.

Ia mengaku, satu faskes jika mampu maksimal hanya bisa melayani 50 orang. Namun apabila ruangnya terbatas maka hanya 20 orang.

"Semua yang sudah disuntik vaksin covid-19 sinovac, tidak diperbolehkan pulang, karena harus menunggu selama 30 menit," imbuhnya. "Kita ingin tahu reaksinya gimana, makanya apabila sudah di vaksin harus menunggu 30 menit terlebih dahilu."

Bagi tenaga kesehatan atau masyarakat yang sudah divaksin akan mendapatkan kartu ada kartu kalau memang sudah di vaksin.

Sementara, Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan memastikan dirinya sudah siap divaksin. "Saya sudah siap, kita pempimpin harus memberi contoh kepada masyarakat," kata Erzaldi.

Menurutnya, ia bersama, Kapolda, Danrem, Danlanal, Ketua DPRD Babel merupakan orang yang pertama akan divaksin, begitu pula forkominda yang ada di Pangkalpinang, Bangka dan Belitung.

Kendati sudah divaksin. Ia meminta kepada tenaga kesehatan serta forkominda untuk tetap mengedepankan prokes covid-19. "Bukan berarti sudah divaksin abaikan prokes, itu tidak boleh prokes tetap seiring sejalan dengan vaksin ini," tegas dia.

Ia juga menegaskan, kendati sudah di vaksin, bukan bearti para pelaku perjalanan baik laut, darat maupun udara tidak rapid tes antigen lagi. "Tetap bagi siapapun yang ingi keluar dan masuk Babel. Wajib Rapid tes natigen," ucap dia. (RF/OL-10)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

BMKG Sampaikan Analisa Terkait Bencana di Sulawesi Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 01:30 WIB
Massa udara yang bertemu di Sulut merupakan massa udara basah yang terbawa dari Samudera Pasifik sebelah...
Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Wabup Pringsewu Dorong Budidaya Ikan di Tengah Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 00:02 WIB
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengajak masyarakat kabupaten setempat membudidayakan ikan guna meningkatkan perekonomian saat pandemi...
MI/Gabriel Langga

Satgas Covid Sikka Mulai Tertutup kepada Wartawan

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:50 WIB
SATGAS Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, mulai tertutup kepada wartawan. Padahal semula,sangat terbuka memberikan informasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya