Rabu 13 Januari 2021, 12:14 WIB

Pemprov NTT Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

Palce Amalo | Nusantara
Pemprov NTT Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

MI/PALCE AMALO
Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar simulasi vaksinasi covid-19 di halaman kantor gubernur Jalan El Tari, Kupang.

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar simulasi vaksinasi covid-19 di halaman kantor gubernur, Jalan El Tari Kupang, Rabu (13/1).

Simulasi digelar satu hari menjelang pelaksanaan vaksinasi untuk pejabat publik dan tenaga kesehatan di wilayah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang pada Kamis (14/1).

Di lokasi simulasi dibangun lima tenda, antara lain tenda pemeriksaan suhu dan tekanan darah, skrining, vaksinasi, dan tindakan pascavaksinasi.

Baca juga: Kabupaten Sikka Tidak Terapkan PSBB Walau Masuk Zona Merah

Simulasi digelar sebanyak tiga kali untuk warga yang tidak timbul gejala pascavaksinasi, bergejala ringan, dan bergejala berat.

Untuk warga yang bergejala berat atau emergency langsung dilarikan ke rumah sakit mengunakan ambulans yang sudah disiapkan di dekat lokasi tersebut.

"Besok dari rumah sakit Johannes akan menyiapkan dua ambulans untuk menjaga kemungkinan terjadi reaksi pada lebih dari satu orang," kata Wakil Direktur Pelayanan Rumah Sakit WZ Johannes Kupang, Stef Soka.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan NTT Messe Ataupah menyebutkan vaksinasi tahap pertama hanya diperuntukan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan 20 pejabat publik di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Untuk Kota Kupang, sebanyak 3.474 nakes dan 10 pejabat, sementara Kabupaten Kupang 1.558 nakes dan 10 pejabat. Sehingga, total yang akan disuntuk vaksin berjumlah 5.032 orang nakes dan 20 pejabat.

Menurutnya, mereka yang akan disuntik vaksin masih akan diperiksa lagi kesehatannya.

"Jika ada gula darah atau penyakit penyerta lainnya tidak akan mendapatkan vaksin," ujarnya.

Meskipun, vaksinasi covid-19 dimulai, dia mengingatkan masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat, mengingat penyebaran covid-19 di NTT, terutama di Kota Kupang, terus meningkat.

"Kami mengimbau masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

Sampai Rabu (13/1) pagi, total kasus positif covid-19 di NTT berjumlah 2.807 orang terdiri dari 1.599 orang sembuh, 1.135 orang masih dirawat, dan 73 orang  meninggal.

Jumlah terbanyak kasus covid-19 ada di Kota Kupang berjumlah 1.322  orang. Sebanyak 805 orang masih dirawat, 478 orang sembuh, dan 39 orang
meninggal.

Sekretaris Daerah NTT Benediktus Polomaing menambahkan salah satu pejabat yang rencananya disuntik vaksin adalah Gubernur NTT Viktor Laiskodat. Namun, saat ini, gubernur terkonfirmasi positif covid-19 dan menjalani perawatan di RSPAD Jakarta.

Sebelumnya, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi  juga terkonfirmasi positif covid-19 dan saat ini menjalani isolasi mandiri  di Kupang. (OL-1)

Baca Juga

Ilustrasi

DIY Siapkan Rp22,6 miliar untuk 392 Kelurahan

👤Ardi T 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 21:00 WIB
Pemerintah Daerah Istimewa Yohyakarta (DIY) siapkan Dana Keistimewaan atau Danais Rp 22.6 miliar yang akan dialokasikan untuk 392 kelurahan...
MI/Ruta Suryana

Gratis, 1000 Nasi Bungkus per Hari di Kota Denpasar

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:38 WIB
"Karena ada PPKM level 4 dan kasyarakat sangat membutuhkan bantuan maka kami aktifkan lagi dapur umum ini," kata Wali Kota, Jaya...
ANTARA

Rumah Sehat di Surabaya Dimanfaatkan buat Isoman

👤Faishol Taselan 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 14:52 WIB
saat ini setidaknya ada 6 rumah sehat yang sudah mulai dimanfaatkan oleh warga. Salah satunya berada di SDN Tambaksari III dan SMPN 29...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya