Kamis 07 Januari 2021, 10:07 WIB

Jawa-Bali PSBB, Sulsel Siap Tunggu Petunjuk

Lina Herlina | Nusantara
Jawa-Bali PSBB, Sulsel Siap Tunggu Petunjuk

MI/Lina Herlina
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah

 

GUBERNUR Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, masih menunggu petunjuk dari  pemerintah pusat terkait rencana pelaksanaan PSBB di Jawa dan Bali jika  akan diberlakukan di wilayahnya. Mengingat belakangan kasus positif baru covid-19 di Sulsel juga mengalami peningkatan. Meski demikian, Nurdin berdalih, sepertinya Sulawesi dan Sulsel khususnya tidak akan terkena pemberlakukan PSBB. 

"Kenapa Jawa dan Bali? Karena tingkat kematian di sana di atas rata-rata nasional, dan tingkat kesembuhan juga di bawah rata-rata nasional," sebutnya. Kamis (7/1)

Dari data Kemenkes 6 Januari 2020, kasus positif covid-19 baru di Sulsel sebanyak 463 menjadi 34.394 kasus. Tapi angka kesembuhannya juga nyaris sama, yaitu 442 menjadi 29.914. Bahkan angka kesembuhan dalam sehari pernah hampir mencapai 1.000 orang per hari pada pekan lalu.

Meski demikian, Nurdin menegaskan, jika untuk Sulsel, pihaknya memberi peringatan kepada Kota Makassar yang menjadi episentrum penularan.

"Kita warning Sulsel, terutama Makassar. Ini yang harus kita coba bagaimana tekan. Tapi kita sudah on the track, apa yang kita lakukan menghadapi ini pascapilkada kita perbanyak spesimen. Tentu kita akan semakin banyak menangkap orang-orang yang bermasalah (terinfeksi covid-18). Kita berharap spesimen kita terus naikan tapi pada praktiknya dia akan turun," urainya.

baca juga: Gubernur Bali Keluarkan Surat Edaran Dukung PSBB 

Karenanya, Nurdin pun selelu mengingatkan, jika salah satu kunci menekan penularan, dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selalu memakai masker, menjaga jarak, hindari kerumunan. Bagi Nurdin, apa yang dilakukan pemerintha pusat, merupakan upaya menekan jumlah kasus yang masih terus bertambah. 

"Itu peringatan buat semua pihak. Yang terpenting selama pandemi masih merebak, masyarakat harus tetap menjaga disiplin kesehatan. Apabila virus corona bisa dikendalikan dan penyebarannya berkurang, aktivitas masyarakat perlahan akan pulih," serunya. (OL-3)

Baca Juga

DOK Metro TV.

Kecelakaan Bus Ardiansyah di Tol Diduga akibat Pengemudi Mengantuk

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:43 WIB
Pada saat kejadian situasi arus lalin landai lancar dan cuaca...
DOK Metro TV.

Bus Ardiansyah Kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto, 14 Tewas

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:32 WIB
Bus yang mengalami kecelakaan menurut keterangan warga membawa rombongan warga Surabaya Barat yang berwisata ke Dieng dan Yogyakarta pada...
MI/Rendy Ferdiansyah

Karhutla: Puluhan Titik Panas Muncul di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:00 WIB
PULUHAN titik panas atau hotspot yang di duga adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bertebaran hampir diseluruh Kabupaten di Provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya